Pendidikan

SMPN 5 Jaga Lingkungan Sekolah dari Sampah Plastik

Wajibkan Siswa Bawa Tempat Makan dan Minum

SMP-5
SANTAP MAKAN: Sejumlah siswa SMPN 5 Kota Bekasi nampak menyantap menu makan siang di kantin sekolah, Senin (29/7). Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMPN 5 Kota Bekasi menerapkan program Bersih Plastik untuk menjaga lingkungan sekolah dari sampah plastik. Penerapan program ini sebagai pendukung pendidikan karakter.

Program Bersih Plastik mengajak siswa untuk tidak membeli makanan maupun minuman dengan wadah plastik atau Styrofoam. Karena itu, setiap siswa diwajibkan untuk membawa tempat makan dan minum dari rumah masing-masing. Dengan cara ini, sampah plastik diyakini berkurang. Kebersihan dan kelestarian sekolah juga tetap terjaga dengan baik.

Wakil Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Bekasi, Wiwik Purwanti, mengungkapkan program Bersih Plastik sudah diterapkan sejak satu tahun lalu.

Selama ini, penerapannya cukup efektif. ”Program ini sudah berjalan selama 1 tahun dan terlihat siswa bisa mengikutinya dengan baik. Sehingga kami akan terapkan terus program tersebut untuk kedepannya,” ujar Wiwik, kepada wartawan, Senin (29/7).

Menurut dia, cukup suksesnya program ini berkat kerja sama dengan kantin sekolah agar tidak menjual makanan maupun minuman dengan wadah plastik kepada siswa.

Namun demikian, pihak sekolah masih memberikan toleransi bagi siswa yang belum patuh terhadap aturan ini. ”Kami beri toleransi untuk tidak membawa makanan ke dalam kelas dan membuang sampahnya,” ujar Wiwik.

Pada tahun pelajaran 2019/2020, sekolah begelar Sekolah Adiwiyata ini menerima 359 siswa baru. Wiwik mengatakan, siswa baru wajib mengikuti program yang sudah dijalankan.

”Ini kami terapkan juga bagi siswa baru agar dari dini bisa taat kepada peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah,” tukasnya. (dew)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close