Pendidikan

Bakal Kirim 50 Siswa Terbaik

50
LATIHAN: Siswa ekskul Pencak Silat SMKN 8 Kota Bekasi saat menjalani latihan rutin di halaman sekolah, Selasa (30/7).

Radarbekasi.id – SMKN 8 Kota Bekasi bakal mengirim 50 siswa terbaiknya untuk mengikuti ajang Jakarta Pencak Silat Championship (JKTC) 2019. Perwakilan yang dikirim merupakan siswa terpilih dari kelas 10, 11, maupun 12.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMKN 8 Kota Bekasi, Nizwarma, mengatakan JKTC merupakan ajang yang diikuti rutin oleh sekolahnya sejak 6 tahun belakangan. Tahun ini merupakan keikutsertaan sekolah ini yang ke-12.

Dengan kegiatan ini, siswa ekstrakurikuler Pencak Silat dapat menunjukan kemampuannya. ”Ini adalah salah satu perlombaan yang wajib kami ikuti, sebab banyak sekali sekolah-sekolah yang ikut serta dalam pelombaan bela diri Pencak Silat,” ujar Nizwarma, di ruang kerjanya, Selasa (30/7).

JKTC bakal berlangsung pada 19-20 Oktober 2019 di Lapangan Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur. Meskipun pelaksanaannya masih beberapa bulan lagi, siswa SMKN 8 Kota Bekasi sudah menjalani latihan sejak dua bulan lalu.

Latihan sengaja dilakukan terhitung enam bulan sebelum pelaksanaan agar siswa dapat memaksimalkan kemampuannya dihadapan lawan. Sebab, ajang ini tak hanya diikuti oleh peserta asal Indonesia, tetapi juga negara-negara Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, dan Singapura.

”Enam bulan adalah waktu persiapan yang cukup matang dalam menghadapi ajang JKTC,” ujarnya.

Proses latihan rutin dilakukan oleh para siswa setiap Selasa, dan Kamis, selama satu jam usai kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu, juga dilakukan pada Minggu selama 4-5 jam.

Nizwarma mengaku, waktu latihan satu jam di hari biasa masih kurang cukup. Kendati demikian, siswa tetap optimis dapat meraih hasil maksimal nantinya.

”Sebenarnya, halangan cuman satu yaitu waktu yang terbatas tapi kita sudah berkomitmen untuk tetap mengutamakan KBM,” katanya.

Meskipun ajang Internasional, SMKN 8 Kota Bekasi tak mendatangkan pelatih dari luar. Sekolah percaya dengan kemampuan guru dibantu alumni dapat membuat siswa tampil maksimal.

”Kami tidak mendatangkan pelatih dari luar, sebab saya yakin bahwa guru yang dimiliki dan beberapa alumni yang didatangkan itu sudah cukup untuk memperkuat para peserta,” tukasnya.

Rencananya, SMKN 8 Kota Bekasi akan melakukan pendaftaran ajang JKTC melalui daring (online) pada 15 Agustus 2019. (cr46)

Tags
Close