Metropolis

Pimpinan Dewan, PDIP Godok Tiga Nama

RadarBekasi.id – Sejumlah partai politik saat ini sedang menggodok sejumlah nama yang akan menjadi pimpinan DPRD Kota Bekasi. Salah satunya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ya, partai tersebut merupakan Parpol dengan perolehan suara terbanyak ke dua setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada pemilu 2019.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, PDI Perjuangan di enam dapil yang ada hanya mampu meraup suara sebanyak 240.728. Sementara PKS sedikit unggul diatasnya dengan perolehan suara 267.330 suara.

Guna mempersiapkan calon pimpinan dewan, DPC PDI Perjuangan telah memberikan tiga nama kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan diantaranya Anim Imamudin yang pada kesempatan Pileg lalu memperoleh 11.492 suara didapil empat Kota Bekasi.

Selain itu ada Nuryadi Darmawan yang diketahui memperoleh 5.877 suara di Dapil satu Kota Bekasi, dan Tumai yang saat ini menjabat sebagai ketua DPRD Kota Bekasi dengan perolehan suara sebanyak 8.615 di dapil tiga Kota Bekasi.

”Pimpinan dewan sudah kita rapatkan, sesuai dengan surat terakhir, ditandatangani oleh ketua harian dan juga ditandatangani oleh sekjen, kita mengirimkan tiga nama, Bang Anim dan Bang Nung, juga Mas Tumai untuk pimpinan dewan,” ungkap ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Tri Adhianto saat ditemui di Gor Bekasi, Selasa (30/7).

Nama yang di sodorkan kepada DPP tersebut, kata Tri tidak dipilih berdasarkan dari perolehan suara terbanyak. Pasalnya, terdapat beberapa Calon Legislatif (Caleg) terpilih yang memiliki perolehan suara lebih banyak dari ketiga nama tersebut.

Terkait dengan nama yang berpotensi besar menjadi pimpinan dewan, pria yang juga sebagai wakil walikota Bekasi ini mengaku lebih memilih untuk menunggu keputusan DPP PDI Perjuangan terkait dengan nama yang akan menjadi pimpinan periode mendatang.

Jawaban senada diberikan saat coba untuk ditanya perihal keunggulan dan kekurangan masing-masing nama yang diajukan tersebut. ”Saya nggak pernah mengungguli siapa-siapa lah ya, jadi yang ketiga itu memang memiliki kemampuan dan kapasitas ya, apapun keputusan DPP kita akan terima, ah udah nanti lah,” imbuhnya.

Dia menambahkan, ketiga nama yang disodorkan tersebut bisa menjadi representasi untuk membawa Kota Bekasi lebih baik dalam lima tahun kedepan terutama dalam hubungan antara eksekutif dan legislatif di Kota Bekasi.

Saat ini Caleg terpilih untuk periode 2019-2024 masih menunggu putusan dari KPU mengenai pengumuman secara resmi anggota Dewan terpilih. Sementara itu KPU Kota Bekasi masih menunggu putusan sengketa Pileg yang masih berproses di MK.

Rapat paripurna pelantikan anggota DPRD Kota Bekasi pun belum bisa diperkirakan kapan akan dilaksanakan sebelum keluar putusan KPU Kota Bekasi. (sur)

Close