Pendidikan

Senang Merangkai Kata dan Berkhayal

Radarbekasi.id – Tak ada seorang pun yang bisa mengubah kehidupan kita selain diri kita sendiri. Kata-kata bijak itu patut disematkan kepada siswa penyandang tunanetra Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Nurani Kota Sukabumi, Nurul Rahmah, yang sukses membawa Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum dalam ajang bergengsi Lomba penulisan Kreatif Cerita Pendek (Cerpen) pada Festival Literasi Sekolah (FLS) Tingkat Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019.

Ia mengaku dirinya bukan anak yang rajin, bahkan bisa dikatakan pemalas. Nurul banyak menghabiskan waktu dengan tidur dan mencamil. “Saya tidak pernah berpikir bisa menulis cerita pendek dengan baik. Tetapi saya memang senang merangkai kata dan berkhayal,” ujarnya, seperti dikutip dalam laman resmi Disdik Jawa Barat, Selasa (30/7).

Namun, sifat pemalasnya hilang setelah mendapat tanggung jawab sebagai sekretaris Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) serta aktif, di kegiatan kerohanian di sekolahnya. Kesibukannya perlahan demi perlahan mengikis sifat malasnya. Hingga suatu hari, sekolah meminta Nurul menulis cerita pendek.

“Dari sana saya mendapat apresiasi cukup besar sehingga motivasi untuk menulis semakin besar,” ungkapnya.

Walaupun berbagai kendala harus dihadapi Nurul, salah satunya tidak mempunyai laptop, namun Nurul tetap semangat. Ia pun mengandalkan komputer di sekolah meski akhirnya ia hanya bisa membuat cerita di sekolah.

Guru Pembimbing Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Nurani Kota Sukabumi, Neng Kartika mengungkapkan, sebelumnya Nurul adalah anak pemalas dan belum tahu bakat yang ia miliki. “Baru-baru ini ia coba diikutsertakan dalam perlombaan menulis. Setelah diperiksa, ternyata hasilnya bagus. Mulai dari tanda baca, alur cerita hingga pemilihan kata-kata. Akhirnya, sekolah memutuskan mengikutsertakan Nurul dalam ajang kompetisi menulis,” tuturnya. (oke/tim)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker