Berita UtamaCikarangLingkungan

Gotong Royong Bersihkan Kali Busa

RadarBekasi.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi akan turun bersama dengan pihak-pihak terkait untuk membersihkan tumpukan sampah yang berada di Kali Busa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan hari ini, Kamis (1/8). Kegiatan itu merujuk hasil rapat koordinasi untuk membersihkan kali yang dipenuhi tumpukan sampah sepanjang 1,5 kilometer ini.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha menuturkan, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 50 personil, alat berat dan berbagai macam alat untuk mengangkut sampah. Puluhan personil ini, kata dia, berasal dari Bidang Sumber Daya Air, dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD).

”Ya kami akan turun membersihkan sampah, ini merupakan kegiatan gabungan dan juga ada perwakilan masyarakat dari masing-masing desa dan kelurahan di Kecamatan Babelan,” kata Iman, Rabu (31/7).

Selain pihaknya, kata Iman, pengangkutan sampah di Kali Busa juga akan melibatkan masyarakat dari kelurahan dan kecamatan setempat. ”Jadi keterlibatan warga semua Kecamatan Babelan ini, untuk menumbuhkan rasa kecintaan pada lingkungan. Sehingga ada keterlibatan warga untuk sama-sama menjaga ketika kali sudah bersih,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kebersihan pada DLH Kabupaten Bekasi, Dody Agus menyampaikan, pihaknya akan mengerahkan 200 personil. Selain itu, juga ada 20 unit truk sampah serta puluhan baktor yang akan mengakut sampah yang sudah diangkut.

”Besok (hari ini, red) diangkut secara bersama dengan beberapa dinas, kelurahan, kecamatan dan warga. Semoga dari kerja bakti bersama, lingkungan dapat terjaga dan hal ini sama saja dengan masalah yang pernah kami lakukan di Kali Pisang Batu, Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Bekasi, aka nada sekitar 700 orang yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut.

Camat Babelan, Deni Mulyadi mengatakan, pagar di Perumahan PUP rencananya akan dibongkar untuk akses alat berat ke sisi kali. ”Sampah di sini (Kali Busa, Kelurahan Bahagia) akan kami bersihkan bersama warga serta TNI, Polri. Pembersihan sampah tidak hanya dilakukan secara manual namun dibantu satu alat berat. Gerbang besi masuk perumahan Sektor V terlebih dahulu dibongkar agar dapat masuk ke lokasi, ada sebanyak 700 orang yang akan turun untuk membersihkan” ujarnya.

Terpisah, Komando Pengendali Operasi Sektor 20 Citarum Harum, Kolonel Inf Kukuh mengatakan, pihaknya siap membantu pemerintah daerah setempat untuk melakukan pengangkutan sampah di kali tersebut.

”Dari hasil rapat tadi bersama pemerintah kecamatan, pemerintah kelurahan, PJT II, dan Polri sudah disetujui bahwa penanganan sampah disini harus selesai dengan cepat,” tandasnya.(and/cr43/pms)

Close