BekasiBerita UtamaMetropolis

Menengok Aktivitas Mantan ASN Penjual Plastik Ramah Lingkungan

Bantu Sosialisasi tanpa Mencari Untung

sosialisasi
TUNJUKKAN PLASTIK RAMAH LINGKUNGAN: Penjual Plastik Ramah Lingkungan, Duddy Setiabudhi (64) menunjukkan plastik ramah lingkungan di kantornya yang berada di Ruko Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bekasi, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Kamis (25/7) lalu. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kontraktor yang juga mantan ASN Pemkot Bekasi, Duddy Setiabudhi (64) kini juga menjual plastik ramah lingkungan. Katanya, dia tidak mencari untung dari penjualan tersebut. Bagaimana kisahnya?. Berikut laporannya.

Ponsel Duddy Setiabudhi (64), penjual kantong plastik ramah lingkungan terus berdering saat berbincang dengan Radar Bekasi di kantornya yang berada di Ruko Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bekasi, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Kamis (25/7) lalu.

Pria yang kini bekerja sebagai kontraktor ini mengaku mendapatkan telepon dari rekan-rekannya di sejumlah daerah maupun dari nomor baru.

”Tadi ada yang telepon dari Jayapura, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Sulawesi dan sebagainya. Yah termasuk warga Kota Bekasi juga ada yang pesan,” kata mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bekasi ini.

Semula dia bingung banyak pihak yang menghubunginya untuk memesan plastik ini. Beberapa saat kemudian, dia teringat sempat membagikan informasi mengenai penggunaan kantong plastik ini kepada rekannya di organisasi Muhammadiyah. Hal itu dia lakukan sekitar dua bulan yang lalu.

Ternyata, informasi tersbeut menjadi pesan berantai dan mulai viral di aplikasi percakapan WhatsApp selama beberapa waktu kebelakang.

”Sebetulnya informasi ini sudah masuk tahun ketiga, karena dari dua tahun lalu saya sudah membagikan plastik ini secara gratis ke teman-teman PCM (Pengurus Cabang Muhammadiyah) di Kota Bekasi. Dan hebohnya baru sekarang ini jelang Idul Adha 1440 H,” katanya.

Duddy mengatakan, dirinya tidak memanfaatkan keuntungan penjualan plastik ramah lingkungan ini untuk kepentingannya. Meskipun, plastik yang dijual seharga Rp20 ribu ini, dia beli dengan harga Rp17 ribu/pack.

”Ada keuntungan Rp 3.000, nah keuntungan ini saya alihkan untuk membeli plastik lagi dan plastiknya akan saya berikan kepada masyarakat jelang Idul Adha,” ujarnya.
Dia menjelaskan, hal itu juga sengaja dilakukannya agar masyarakat beralih menggunakan plastik berbahan Oxium.

Duddy berharap agar masyarakat bisa menggunakan plastik ini untuk kebutuhan sehari-hari. Selain ramah lingkungan, harga yang dijual juga terjangkau sebesar Rp 20.000 per pack dengan isi 200 lembar.

”Satu lembar plastik dihargai Rp 200 dan untuk ukurannya hanya ada satu dengan panjang 45 sentimeter dan lebar 21 sentimeter, saya harap penjualaan plastik ramah lingkungan ini sebagai sosialisasi ke masyarakat juga agar beralih ke kantong plastik yang ramah lingkungan,” tutupnya. (pay)

Tags
Close