Berita UtamaCikarang

21 Ton Sampah Kali Busa Diangkut

sampah
KERJASAMA: Sejumlah petugas gabungan bersama relawan membersihkan tumpukan sampah di Kali Busa di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Kamis (1/8).ARIESANT/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Sebanyak 21 ton sampah yang menumpuk dan mengendap di Kali Busa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan diangkut oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, TNI, dan Polri, Kamis (1/8). Selain dibersihkan secara manual sampah tersebut juga dibersihkan menggunakan satu alat berat.

Pantauan Radar Bekasi, ratusan petugas kebersihan dari unsur warga, Pemerintah Kabupaten Bekasi, TNI, Polri, dikerahkan untuk membersihkan sampah secara manual menggunakan sebilah bambu.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto mengatakan, pihaknya mengerahkan ratusan petugas kebersihan serta mengerahkan tujuh armada truk sampah untuk membersihkan sampah kali busa.

”Ada ratusan petugas kebersihan yang turun untuk membersihkan sampah kali busa ini secara manual sedangkan alat berat yang diturunkan oleh Dinas PUPR untuk mempercepat, kita juga dibantu oleh puluhan anggota TNI dari Satgas Citarum Harum dan Polri,” katanya kepada Radar Bekasi kemarin.

Dia mengatkaan, sampah dari arah selatan sudah bersih dan diangkut menggunakan tujuh armada truk sampah yang selanjutnya dibuang ke TPA Burangkeng. ”Untuk sampah yang ada di sebelah utara besok (hari ini) akan kembali dilanjutkan pembersihan oleh petugas serta alat berat,” ucapnya.

Ia menyampaikan, jika sampah tersebut selesai dilakukan pihaknya akan memerintahkan UPTD Kebersihan wilayah I untuk rajin melakukan monitoring agar kejadian sampah menumpuk tidak kembali terjadi.

”Setelah selesai dibersihkan sampah kali busa ini, saya akan memerintahkan UPTD kebersihan di wilayah Babelan untuk rajin monitoring agar sampah tidak lagi sampai menumpuk di Kali Busa kalau sampah sudah pasti akan ada lagi kalau masyarakatnya sendiri belum sadar akan kebersihan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Lurah Bahagia, Mawardi mengatakan pembersihan sampah di Kali Busa baru dilakukan sejauh satu kilometer lantaran terkendala bangunan liar dibantaran kali. ”Untuk membersihkannya kita akan melakukan pembongkaran bangunan liar untuk memudahkan alat berat masuk,” tandasnya. (cr43)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close