Berita UtamaPendidikan

Kadisdik Dorong Peningkatan Mutu SLB

Radarbekasi.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, mengajaka seluruh satuan pendidikan, khususnya sekolah luar biasa (SLB) untuk meningkatkan pelayanan dan mutu sesuai delapan standar nasional pendidikan.

”Karena, seluruh orang tua telah memberikan amanat kepada kita sebagai orang tua kedua di sekolah. Kita harus pastikan agar mereka menjadi anak-anak mandiri dengan meningkatkan pelayanan di sekolah,” ujar Dewi, dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Program dan Anggaran Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus tingkat Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung, seperti dikutip dalam laman resmi Disdik Jawa Barat, kemarin.

Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), delapan standar nasional pendidikan, yaitu standar isi, kompetensi lulusan, proses pendidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan pendidikan, penilaian pendidikan serta standar pendidik dan tenaga kependidikan.

Dewi menyatakan, meski masih ada beberapa kekurangan, namun SLB di Jabar sarat akan prestasi. Terakhir, kontingen Jabar berhasil menjadi juara umum di ajang Festival dan Lomba Literasi Tingkat Kebutuhan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019 yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Namun, Kadisdik mengimbau, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Yakni, mengenai kebijakan pendidikan serta adanya kolaborasi dan koordinasi antara satuan pendidikan dan dinas pendidikan. ”Kebijakan untuk tenaga pendidik pun harus kita perhatikan bersama-sama,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PKPLK Disdik Jabar, Nanang Nurwasid mengatakan, kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi antara Disdik Jabar, pengawas, dan satuan pendidikan. ”Semoga ini menjadikan kita profesional dan mampu mencapai semua yang ditargetkan,” harapnya. (oke/tim)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker