CikarangLingkunganPemkab

Maksimalkan Angkut Sampah Kali Busa

RadarBekasi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus berupaya untuk mengangkut sampah yang menumpuk di Kali Busa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan. Pasalnya, keberadaan sampah di kali itu mengeluarkan berdampak ke warga setempat.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Nur Haidi, mengatakan, pihaknya telah mengirim alat berat untuk mengangkut sampah ke lokasi tersebut, Kamis (1/8). Sayangnya alat itu tidak difungsikan lantaran adanya bangunan liar (bangli).

”Bangli yang di bantaran kali membuat alat berat tak bisa dimasukan,” katanya kepada Radar Bekasi kemarin.

Pihaknya berencana untuk kembali melakukan pengangkutan sampah di lokasi tersebut. ”Memang perlu ada langkah-langkah untuk memaksimalkan pengangkutan sampah yang begitu banyak. Sebab apabila tidak menggunakan alat berat pengangkutan sampah membutuhkan waktu yang begitu lama,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dody Agus, menuturkan, bangli yang ada perlu dibongkar. Apalagi, kata dia, sampah yang ada di kali terkadang berasal dari bangli.

”Hari ini, (kemarin, red) pengangkutan tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Sebab rencana saya itu kendaraan truk sampah yang disediakan 23 armada tapi, hanya digunakan tujuh armada yang digunakan,” ujarnya.

Dodi mengatakan, pengangkatan sampah serta membersihkan kali dapat dilakukan jika tidak ada bangli. ”Tugas kami tetap lakukan dengan kembali turun ke Kali Busa untuk mengangkut sampah. Apabila memang bangli tak juga dibongkar. Maka pengangkutan sampah dapat berhari-hari,” jelasnya.(and/adv)

Close