BekasiBerita UtamaMetropolis

Pondokmelati Ajak Warga Budidaya Tanaman Hidroponik

PENYEMAIAN
PENYEMAIAN: Camat Pondokmelati, Ika Indah Yarti melakukan penyamaian di lokasi yang nantinya akan menjadi lokasi membuat tanaman hidroponik beberapa waktu lalu. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi saat ini sedang berupaya menggalakan budidaya tanaman sayur-mayur secara mandiri dengan metode hidroponik. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto telah mengarahkan agar setiap kecamatan mengembangkan tanaman hidroponik.

Camat Pondokmelati, Ika Indah Yarti, mengatakan, pihaknya telah melakukan penyuluhan tata cara penanaman secara hidroponik sesuai arahan kepala daerah. Tujuan penyuluhan ini untuk meningkatkan minat warga masyarakat dalam memanfaatkan ruang kosong di halaman depan rumah atau pekarangan untuk menaman dengan cara hidroponik.

MEMBERIKAN ARAHAN
MEMBERIKAN ARAHAN: Camat Pondokmelati, Ika Indah Yarti, memberikan arahan tata cara budidaya tanaman hidroponik kepada warga RT dan RW di wilayah setempat, Selasa (30/7) lalu. IST/RADAR BEKASI

”Hari ini (kemarin) kita mulai melakukan penyemaian bibit sayur mayur. Seminggu kemudian baru kita lakukan pemindahan bibit ke media hidroponik,” katanya, Kamis (1/8).

Dia menjelaskan, hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah melainkan menggunakan media seperti sabut kelapa, serat mineral atau sponge pasir, pecahan batu dan pecahan kayu sebagai media pengganti tanah.

”Penanaman dengan cara Hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas seperti penanaman tumbuhan secara konvensional. Selain itu penanaman secara hidroponik tidak mengenal musim, lebih hemat biaya, waktu dan hemat tenaga,” ujarnya.

FOKUS
FOKUS: Sejumlah warga masyarakat Kecamatan Pondokmelati terlihat fokus mendengarkan arahan budidaya tanamaan hidroponik yang disampaikan langsung oleh Camat Pondok Melati, Ika Indah Yarti di Pendopo Kantor Kecamatan Pondokmelati, Selasa (30/7) lalu. IST/RADAR BEKASI

Ika menyampaikan, sudah terdapat puluhan lahan hidroponik di empat kelurahan yang ada di kecamatan yang ia pimpin.

Dirinya berharap agar dengan penyuluhan tersebut warga setempat melakukan penanaman sayur mayur hidroponik. Sehingga, dapat dikonsumsi dan menjadi tambahan pendapatan.

”Kedepannya saya ingin menargetkan disetiap RT dan RW maupun wadah dapat menaman tanaman hidroponik disetiap rumah warga saya,” ungkapnya. (adv/pay)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker