BEKACITIZENOpini

Bagaimana Generasi Milenial Meneladani Kartini?

Oleh : Dewi Hajarwati

Radarbekasi.id – Kartini adalah sosok wanita Indonesia yang luar biasa. Sosok yang memberikan inspirasi bagi kaum wanita, khususnya wanita Indonesia. Beliau mempunyai semangat hidup yang tinggi dalam memperjuangkan kaumnya, di tengah-tengah kuatnya adat istiadat masyarakat suku jawa saat itu. Kuatnya aturan dan tata krama yang mengharuskan kaum wanita untuk tetap di rumah dan pasrah dengan keadaannya sangat membuat hati Kartini bersedih. Perbedaan gender dan perlakuan yang kurang seimbang terhadap kaum wanita merupakan salah satu tujuan mengapa Kartini berjuang membela kaum wanita Indonesia?

Salah satu semboyan yang dipegang teguh RA Kartini dalam memcapai cita-citanya adalah “Aku Bisa” merupakan kata-kata yang diambil dari surat-surat Beliau yang dikirim kepada sahabat-sahabatnya di negeri Belanda dan dirangkum dalam bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang” Dua kata ini membuat keteguhan hati RA Kartini dalam berjuang menghadapai semua rintangan. Kata ini juga dapat menginspirasi dalam bercita-cita. Wanita pertama yang berani mengemukakan cita-cita hidupnya. Berani mengemukakan mimpi dan cita-cita di masa depannya kepada orang lain merupakan sebuah keberanian dalam mendombrak aturan adat-istiadat yang berlaku dan dijunjung tinggi oleh masyarakat jawa.

Emansipasi wanita merupakan istilah dalam memperjuangkan persamaan gender dan perlakuan kaum wanita yang dilakukan oleh RA. Kartini. Saat ini, emansipasi wanita sudah bisa dikatakan berhasil menyamakan kedudukan dan peranan wanita dengan laki-laki. Inilah hasil perjuangan Kartini yang mampu mengangkat derajat dan martabat kaum wanita di Indonesia. Perjuangan yang telah dilakukan tidak sia-sia. Buah hasil dari perjuangan RA. Kartini membawa dampak yang luar biasa. Dampak dari perjuangan ini menjadikan sosok wanita Indonesia saat ini adalah menjadi wanita yang tangguh dan handal di berbagai bidang.

Persamaan derajat dan kedudukan wanita saat ini dapat kita lihat dari berbagai aspek, dan dapat mencakup di segala bidang pekerjaan. Dari pekerjaan yang ringan sampai pekerjaan yang kasar atau sulit dilakukan sudah terlihat peranan wanita. Memang belum seratus persen keterlibatan wanita dalam segala bidang, namun kemampuan wanita sudah dapat diperhitungkan.

Wanita Indonesia mampu melakukan beberapa bidang sekaligus, baik dalam keluarga ataupun dunia kerja yang melibatkan orang lain. Sepak terjangnya dapat berpengaruh terhadap kehidupan dirinya dan keluarga. Semangat dan cita-cita wanita Indonesia sangat dibutuhkan dalam kemajuan bangsa. Ketekunan dan ketelatenan dapat menyeleraskan pekerjaan yang dilakukan kaum laki-laki. Bahkan terkadang mampu menghandel seluruh pekerjaan tanpa bantuan kaum laki-laki.

Wanita Indonesia saat ini sudah bisa mengemukakan cita-cita dan mimpinya. Meraih cita-cita dengan menuntut ilmu pengetahuan setinggi-tingginya . Wanita bersama kaum laki-laki juga sudah mulai terlihat menuntut ilmu sampai jenjang doctor dan profesor.ini membuktikan wanita mempunyai kemampuan berfikir yang tinggi Sehingga pendapat dan pemikirannya terkadang juga sangat dibutuhkan dalam mencari solusi suatu permasalahan yang sedang dihadapi, baik oleh perorangan, lembaga ataupun negara.

Kartini saat ini, harus bisa membagi waktu sebaik-baiknya antara waktu untuk keluarga ataupun karir dan pekerjaannya. Kecerdasan yang dimiliki para wanita ini yang mampu memperhatikan keluarganya disela-sela kesibukannya dalam mengembangkan karirnya perlu kita teladani. Selalu ada komunikasi yang baik yang dilakukan dengan keluarga merupakan sebuah momentum yang berharga bagi para wanita yang sibuk bekerja. Inilah yang diharapkan dari perjuangan penggerak emansipasi wanita.

Makna emansipasi wanita di sisi lain, masih banyak contoh dan penerapannya. Ada yang berpendapat menjadi wanita kartini yang berhasil di jaman milenial, tidaklah harus berpendidikan tinggi terlebih dahulu ataupun memiliki status sosial dan banyak harta berlimpah. Kemampuan untuk menyelesaikan persoalan diri sendiri dan keluarga dengan baik akan menjadikan dirinya wanita yang tangguh. Keterbukaan, mau belajar dan berusaha merupakan salah satu kunci sukses menjadi wanita kartini di masa milenial.

Wanita Indonesia berbeda dengan wanita-wanita dari negara lain. Wanita Indonesia mampu melakukan pekerjaan rumah tangga dengan baik, ditambah membantu perekonomian keluarga dengan bekerja di luar rumah ataupun membuka usaha sendiri. Kemampuan melihat peluang untuk berusaha merupakan salah satu kelebihan wanita kartini jaman milenial. Banyak contoh yang dilakukan para wanita Indonesia. Mereka di samping mengurus keluarganya juga membantu perekonomian keluarga dengan melakukan perniagaan, kegiatan jasa atau yang lainnya baik di dalam rumah ataupun di luar rumah.

Kartini milenial mampu menempatkan dirinya pada situasi apapun. Menjadi ibu bagi anak-anaknya, bahkan menjadi kawan dan sahabatnya yang sudah remaja. Ibu yang bisa berperan dalam banyak hal. Ketika menghadapi anak-naknya yang masih kecil maka akan berbeda jika mereka sudah remaja ataupun dewasa. Lain halnya jika melihat kondisi perekonomian yang di hadapinya, maka wanita hebat masa milenial ini, bisa menjadi penolong bagi pasangannya yang sedang mengalami kesulitan apapun. Jadi kehidupan di dalam keluarga dapat berjalan dengan serasi dan selaras.

Kita sebagai wanita, tinggal memilih emansipasi yang seperti apa yang mampu untuk dijalankannya. Semua peluang sudah terbuka lebar tanpa halangan dari siapapun. Kemauan, keuletan dan kerja keraslah mampu menjadikan kaum wanita bisa melaksanakan emansipasi wanita seperti yang diperjuangkan oleh RA. Kartini. Pengambilan keputusan yang baik dan bijaksanalah yang bisa menghantarkan kita wanita Indonesia menuju kesuksesan dalam berkeluarga ataupun dalam berkarir meraih cita-citanya.

Wanita Indonesia di jaman milenial lebih bersifat agresif dan semangat dalam mencapai tujuan yang akan dicapainya. Peranan dan pengambilan keputusan yang diterapkan oleh para wanita yang duduk di posisi strategis mampu membawa perubahan dan kemajuan suatu bidang yang menentukan kehidupan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. Kemajuan dan perkembangan peranan wanita Indonesia sudah sangat terlihat saat ini. Semua merupakan hasil dari pejuangan RA Kartini dalam meraih emansipasi wanita. (*)

Guru SDN Setiamekar 06 Tambun Selatan

Close