BekasiBerita UtamaMetropolis

Medansatria Kembangkan Konsep Pertanian Hidroponik

BERI ARAHAN
BERI ARAHAN: Pihak Kecamatan Medansatria memberikan arahan kepada kader PKK tingkat kelurahan dan kecamatan Medansatria tentang cara bercocok tanam dangan metode hidroponik. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kecamatan Medansatria terus menyosialisasikan dan melakukan penyuluhan konsep pertanian hidroponik. Masyarakat di wilayah setempat diajak untuk melakukan dan menggalakan program tersebut.

Camat Medansatria, Lia Erlina, mengatakan, pihak kecamatan telah melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga setempat sesuai arahan wali kota dan wakil wali kota Bekasi sejak beberapa waktu lalu. ”Program hidroponik sudah kita mulai lakukan dari tanggal 1 Agustus, penyemaian bibit sayur mayur. Seminggu kemudian baru kita lakukan pemindahan bibit ke media hidroponik,” kata Lia, Senin (5/8).

”Intinya bagi Kecamatan Medansatria sudah mulai mengembangkan sebelumnya di beberapa RW. Bahkan sempat menjadi salah satu objek penilaian pada LBS (Linkungan Bersih Sehat) tingkat nasional,” tambahnya.

Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mengembangkan konsep pertanian hidroponik. Sejauh ini sudah terdapat empat lokasi cocok tanam hidroponik di empat kelurahan yang ada di Kecamatan Medansatria.

Camat Medansatria, Lia Erlina
Camat Medansatria, Lia Erlina

Lia berencana untuk memasarkan hasil pertanian warga sekitar jika hasilnya sudah maksimal. ”Semua dapat terselenggara atas dukungan dari wali kota dan wakil wali kota Bekasi, OPD teknis dalam hal ini dinas pertanian yang memberikan bimbingan teknis kepada warga masyarakat serta seluruh komponen terkait, para kader PKK dan warga masyarakat,” jelasnya.

Dia menjelaskan, hidroponik sendiri merupakan metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan menggunakan media seperti sabut kelapa, serat mineral atau sponge pasir, pecahan batu dan pecahan kayu sebagai media pengganti tanah.

Tujuan diadakan penyuluhan bertanam hidroponik yakni untuk meningkatkan minat warga masyarakat dalam memanfaatkan ruang kosong di halaman depan rumah atau pekarangan untuk peruntukan menaman dengan cara hidroponik.

PENYEMAIAN
PENYEMAIAN: Sejumlah kader PKK sedang melakukan penyemaian tanaman hidroponik. IST/RADAR BEKASI

”Penanaman dengan cara hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas seperti penanaman tumbuhan secara konvensional. Selain itu penanaman secara hidroponik tidak mengenal musim, lebih hemat biaya, waktu dan hemat tenaga,” terangnya.

Penanaman hidroponik juga sudah dilakukan dilingkungannya dan sudah mencapai puluhan lahan hidroponik di empat kelurahannya.

Dirinya berharap tananam sayur mayur hidroponik bisa dikonsumsi oleh warga masyarakat sekitar dan juga bisa dijadikan sebagai tambahan ekonomi. ”Kedepannya saya ingin menargetkan disetiap RT dan RW maupun wadah dapat menanam tanaman hidroponik disetiap rumah warga saya,” ungkapnya.

Selain menggalakan program tersebut, Kecamatan Medansatria juga melaksanakan program Kongkow Bareng RW dan Masyarakat, Ketuk Pintu Mesra bersama Lurah dan Pamor dengan berkunjung ke wilayah untuk memantau situasi dan kondisi di lapangan, mendengarkan dan mengidentifikasi permasalahan langsung ke sumbernya sekaligus sarana memberikan sosialisasi dan edukasi terkait kebijakan Pemerintah dan upaya meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat.(pay/adv)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker