Metropolis

Distanikan Kembangkan Kelompok Hidroponik

Distanikan Kembangkan Kelompok Hidroponik
BERI MATERI: Salah satu petugas dari Distanikan Kota Bekasi memberikan materi terkait cocok tanam hidroponik kepada warga yang ada di Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. IST/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Terbatasnya lahan pertanian di Kota Bekasi membuat budidaya tanaman hidroponik menjadi pilihan.

Dengan program tersebut, warga tidak perlu lahan luas untuk menghasilkan tanaman berkualitas yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Pengembangan cocok tanam cara hidroponik nantinya juga bisa dijadikan sebagai objek penilaian Adipura di Kota Bekasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi, Momon Sulaeman mengatakan, untuk bercocok tanam hidroponik pihaknya memberikan pelatihan dan materi terkait cara menanam.

”Yang jelas masyarakat senang, semangat, jika sudah senang dan semangat pasti dengan cocok tanam hidroponik menghasilkan sesuatu,” kata Momon.

Dengan cara cocok tanam hidroponik, kata Momon, diperlukan kreativitas masyarakat dan diharapkan ada peran serta pimpinan di wilayah.

Selain itu, pihaknya juga sudah membuat kelompok hidroponik yang tersebar di 12 kecamatan di Kota Bekasi.

”Kelompok itu semuanya tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi,” ucapnya.

Pihaknya berharap dengan target pengembangan tanaman hidroponik di wilayah dapat mendorong kemandirian warga terutama untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

”Keinginan saya masyarakat dapat mandiri, bisa menjual hasilnya dan dapat di konsumsi sendiri,” imbuhnya.

Langkah-langkah yang akan dilakukan kedepannya agar kelompok cocok tanam hidroponik bisa terus berkembang, penanaman bersama tanaman hidroponik bakal dilakukan 7 Agustus ini.

”Lokasinya akan tersebar Pak Wali Kota Pak Wakil dan seluruh SKPD terjun kelapangan 56 titik yang ada kita tanam bersamaan. Dan akhir Agustus kita akan panen kangkung dan bayam itu akan dinilai siapa yang baik tanamannya,” ungkapnya. (adv/pay)

Close