Metropolis

Distaru Konsen Pendataan PSU

Manfaatkan Aset untuk Masyarakat

Distaru Konsen Pendataan PSU
FA
ILUSTRASI: Anak-anak bermain di Taman Bantargebang, Kota Bekasi, Dinas Tata Ruang tergetkan penyerahan PSU dari pengembang kepada pemerintah Kota Bekasi tahun ini mencapai 60 PSU. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi konsen melakukan pendataan aset berupa Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) di sejumlah permukiman.

Hal tersebut menindaklanjuti Permendagri nomor 9 tahun 2009, tentang Pedoman Penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Perumahan dan Permukiman di Daerah.

Mengacu Perda nomor 6 tahun2018 dan Perwal Nomor 44 tahun 2018 selanjutnya di turunkan kembali lewat intruksi Wali Kota Bekasi nomor 650/ 360/ DISTARU. Langkah tersebut dilakukan guna menjamin warga masyarakat mendapatkan hak dari PSU dengan kondisi baik dan layak.

Sekretaris Distaru Kota Bekasi, Dzikron mengatakan, perumahan yang sudah lama dibangun namun belum dilakukan serah terima PSU di data. Pemerintah nantinya akan mengelola aset PSU yang tidak terpelihara atau terbengkalai.

”Yang sudah lama terbangun tapi belum diserahterimakan PSU nya, tidak dipelihara, terbengkalai boleh (diambil alih) kita lakukan kordinasi kepada OPD terkait,” kata Dzikron, ketika ditemui di ruang kerjanya, Gedung Plaza Pemkot Bekasi, Jalan A Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Penguasaan aset dijelaskannya untuk menjamin hak masyarakat mendapatkan fasilitas PSU sesuai kebutuhan di lingkungan.

”Pastinya dari sisi penataan aset dan pengamanan aset dua hal ini yang akan kita lakukan. Kalau dari Pak Wali bilang kita harus radikalisasi aset tapi dalam hal yang positif. Seperti penataan aset itu sendiri dan pengamanan aset agar bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar,” ucapnya.

Menurutnya, banyak aset PSU yang saat ini sudah tertata dan dimanfaatkan warga untuk taman, sarana peribadatan, hingga balai pertemuan warga.

”Kita mendorong yang sudah ada kita identifikasi di support melalui bantuan dari para OPD yang ada, dan kita akan cari sumber pendapatan agar PSU bisa terbangun untuk kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

PSU perumahan lama yang pengembangnya sudah sulit ditemui, pihaknya bakal berkoordinasi dengan forum RW setempat agar bisa menyerahkan PSU ke pemerintah.

”Kita juga menargetkan penguasaan PSU setiap satu bulannya mencapai lima titik. Alhamdulillah kita sudah menerima PSU tahun ini mencapai puluhan PSU di 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi,” ungkapnya.

Puluhan PSU yang sudah diserahkan kepada pemerintah, nantinya dilakukan pembangunan sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Bisa berupa taman, RTH, gedung dan lainnya.

Terget Distaru terkait penguasaan PSU tahun ini 60 titik lahan PSU di 56 Kelurahan di 12 Kecamatan Kota Bekasi.

Berdasarkan data yang diterima, sebanyak 23 perumahan di 23 kelurahan sudah menyerahkan aset PSU.

Bulan Agustus ini terdapat 22 perumahan di 22 kelurahan yang lahan PSU-nya dalam proses penyerahan ke Pemerintah Kota Bekasi

Total dari bulan Januari hingga Agustus, mencapai 45 lahan PSU yang akan di kuasai pemerintah Kota Bekasi. (pay/adv)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker