Berita UtamaCikarang

Pembersihan Kali Busa Bergeser ke Babelan Kota

Kelurahan Bahagia Tuntas

Kebersihan
MENGANGKAT SAMPAH: Alat berat melakukan pengangkatan sampah di hilir Kali Busa, Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Selasa (6/8). CR43/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Penanganan persoalan sampah di Kali Busa masih terus dilakukan. Namun, lokasinya bergeser dari wilayah Kelurahan Bahagia menjadi di Desa Babelan Kota.

Berdasarkan pantauan Radar Bekasi, sejumlah personil TNI bersama petugas dari Perusahaan Jasa Tirta (PJT) II melakukan pendorongan sampah yang menumpuk dan mengendap agar sampai ke hilir menggunakan sebilah bambu.

Camat Babelan, Deni Mulyadi, mengatakan, masih terus melakukan penanganan sampah di hulu hingga hilir guna mempelancar arus air Kali Busa dan akan dikerjakan hingga empat hari ke depan.

”Alat berat sampai sekarang masih melakukan pengangkatan sampah yang kini masuk pada wilayah Desa Babelan Kota, kalau dilihat dari kondisi sampah di wilayah itu empat hari mulai dari hari ini hingga Jumat (9/8) akan selesai, untuk penanganan sampah Kali Busa ini kita tidak mau tanggung-tanggung karena permasalahan besarnya ada di wilayah itu,” katanya kepada Radar Bekasi, Selasa (6/8).

Dikatakan dia, kondisi hilir Kali Busa di wilayah Desa Babelan Kota sangat memprihatinkan. Pasalnya, tumpukan sampah sudah terlihat seperti daratan karena sampah dan tanaman liar sudah menyatu.

”Minggu lalu saya bersama komandan Satgas Citarum Harum dan wakil kepala Polsek Babelan dan sekretaris Kelurahan Bahagia langsung mengecek langsung ke hilir Kali Busa yang masuk wilayah Desa Babelan Kota, kali yang ada itu seperti jalan bahkan saat itu kita dapat melintasinya, dengan hal itu kita kerjakan untuk pengangkatan sampahnya yang sudah mengendap,” ucapnya.

Menurut dia, pengangkatan sampah yang sudah mengendap di hilir Kali Busa di wilayah Desa Babelan Kota tersebut akan dikerjakan sepanjang 1,5 kilometer. ”Pengangkatan sampah di Babelan Kota akan dikerjakan sepanjang 1,5 kilometer seperti halnya penanganan sampah di hulu Kali Busa, dan sementara sampah yang sudah diangkat oleh alat berat disimpan di daratan yang nanti akan dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kelurahan Bahagia, Mawardi, mengatakan, sampah Kali Busa yang sempat menumpuk dan mengendap di wilayah Kelurahan Bahagia sudah bersih.

”Hari ini (kemarin) sampah Kali Busa sisi utara yang masuk di wilayah Kelurahan Bahagia sudah bersih. Kemaren kan sisa sampah sepanjang 200 meter, tadi pagi sudah dibersihkan dengan cara didorong ke hilir oleh TNI dan PJT II dan aliran air pun sekarang sudah terlihat berjalan tinggal dimana alat berat tengah melakukan pengangkatan sampah di wilayah Desa Babelan Kota,” tandasnya. (cr43)

Tags
Close