BekasiBerita UtamaMetropolis

Camat Medansatria Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

FOTO BERSAMA
FOTO BERSAMA: Camat Medansatria Lia Erliani (ketiga dari kiri) bersama Lurah Pejuang, Isnaini, kepala UPTD BMSDA dan kepala UPTD LH foto bersama dengan petugas pematus untuk mengangkat sampah di saluran Kali Bancong, Kelurahan Pejuang, Kamis (8/8). AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Camat Medansatria, Lia Erliani mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Hal itu menyusul persoalan penumpukan sampah yang terjadi di Kali Bancong, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Mendasatria.

Lia meninjau langsung lokasi penumpukan sampah yang berada di Kali Bancong, Kelurahan Pejuang kemarin, Kamis (8/8). Dia didampingi Lurah Pejuang, Isnaini, kepala UPTD LH Medansatria dan kepala UPTD DBMSDA Medansatria.

Dalam kunjungannya, dia mengatakan, persoalan sampah di kali tersebut sudah sangat darurat. Apalagi, persoalan ini bukan hanya terjadi kali ini melainkan sudah berulang.

MEMANTAU
MEMANTAU: Camat Medansatria, Lia Erliani, memonitoring Kali Bancong yang ditumpuki sampah, Kamis (8/8). AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

Lia menceritakan, Kali Bancong awalnya merupakan jalur saluran irigasi yang melintasi wilayah Kecamatan Medansatria. Penumpukan sampah di kali ini, menurut dia, berasal dari hulu yang bertempat di Kecamatan Bekasi Utara dan mengalir melewati Kecamatan Medansatria kemudian tersumbat di hilir yang berbatasan dengan Kecamatan Tarumajaya (Kabupaten Bekasi) dikarenakan salurannya juga mengecil.

Sehingga, terjadi penumpukan sampah sampah. Walaupun, sempat dilakukan pengerukan sampah di kali tersebut menggunakan alat berat pada awal tahun 2019.

”Saya, lurah telah melakukan konsolidasi dengan DBMSDA, UPT LH Kecamatan Medansatria untuk bersama mencari solusi dalam penanganan tumpukan sampah di hilir yang sudah sangat mengganggu warga,” kata Lia saat ada ditemui di Kali Bancong kemarin.

Dia menjelaskan, untuk mengangkut sampah di kali tersebut, DBMSDA telah mengirim petugas pematusan. Kemudian, akan mengirimkan alat berat pada hari ini, Jumat (9/8).

KUMPULKAN SAMPAH
KUMPULKAN SAMPAH: Sejumlah petugas pematus dari Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) yang sedang melakukan pengangkatan sampah dari Kali Bancong dan nantinya akan langsung dibuang ke TPA Sumur Batu, Bantaragebang, Kamis (8/8). AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

Kedepannya, Lia berharap agar seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Medansatria ikut serta menjaga kebersihan lingkungan dengan merubah kebiasaan membuang sampah di kali agar membuang sampah pada tempatnya. ”Serta kita juga akan meminimalisir volume sampah dengan implementasi gerakan 3R (reduce, reuse, recycle),” katanya.

Dia mengaku mendapatkan usulan agar dilakukan penunjukan operator CSR di hilir Kali Bancong untuk aktif monitoring keadaan sampah supaya tidak terjadi penumpukan lagi kedepannya. Menanggapinya, Lia mengaku usulan tersebut akan ditindaklanjuti dan disampaikan kepada dinas terkait untuk bekerja sama dalam penanganan lebih lanjut.

”Saya akan tindaklanjuti usulan dari warga saya, dan kedepannya saya akan tetap mensosialisasikan agar masayarakat tidak membuang smaoah di saluran kali,” ungkapnya. (pay/adv)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker