Berita UtamaCikarangPublik

HMI Bekasi Bentuk ”Desa Madani” Cilangkara

RadarBekasi.id – Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Bekasi punya terobosan di lingkungan Desa Cilangkara, Serangbaru, Kabupaten Bekasi. Yups, kemarin, Kamis (8/8) desa binaan berkonsep ”Madani” resmi digulirkan organisasi hijau-hitam itu.

Peresmian desa binaan itu dihadiri sekaligus ditabuh langsung oleh Kepala Desa Cilangkara, Hj. Sanem. Turut hadir, Koordinator Presidium PMKD Kahmi Bekasi, Budiman, Bappeda Kabupaten Bekasi Bidang Sosbud Norman, Ketua Karang Taruna desa Cilangkara, Babinsa Tikin, Bismaspol, Haryadi prakoso, unsur masyarakat Kepala Dusun/ RT/RW se-desa Cilangkara.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Bekasi, Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, desa binaan ini sebagai wujud implementasi HMI dalam memberdayakan serta mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridai Allah SWT. ”Bersama masyarakat setempat, Insya Allah, HMI akan menerapkan konsep Desa Madani,” katanya.

Menurutnya, konsep Desa Madani itu mengacu kepada kehidupan masyarakat yang beradab dan relijius tanpa mengabaikan unsur sosial kultural masyarakat setempat. ”Jadi kearipan lokal dan masyarakat yang relijius berjalin berkelindan di dalamnya,” ungkap Kamal.

Dari sisi relijius, sambung Kamal, masyarakat beragama Islam diterapkan program salat Subuh Berjamaah, menonaktifkan HP pukul 18.00-20.00 dan menggantinya dengan kegiatan mengaji dan khataman Alquran. ”Kami harapkan program ini meningkatkan ahlak dan peradaban masyarakat sekitar,” bebernya.

Dari sisi ekonomi, imbuh Kamal, akan memberdayakan kreatifitas masyarakat dengan kearifan lokal dan sumber-sumber ekonomi yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat. ”Akan ada produksi tempe-tahu. Daur ulang sampah kaleng menjadi hiasan bernilai ekonomis. Dan kita dorong menjadi BUMDes,” tandasnya. (zar)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker