Berita UtamaCikarangLingkungan

Kejaksaan Soroti Normalisasi Kali Busa Tahun 2018

RadarBekasi.id – Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi menyoroti kegiatan normalisasi Kali Busa yang dilakukan pada tahun anggaran 2018. Pasalnya, penumpukan sampah tetap terjadi meskipun telah dilakukan normalisasi sebanyak tiga kali dan menggunakan anggaran ratusan juta rupiah.

Kepala Seksi Intelejen Kejari Kabupaten Bekasi, Chaedir menuturkan, permasalahan sampah belakangan ini begitu ramai di media massa. Pihaknya akan melakukan pengumpulan data sekaligus meninjau kondisi lapangan terlebih dahulu.

”Jadi perlu kami ketahui terlebih dahulu, apakah masih berjalan proses normalisasi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan mencari tahu terlebih dahulu apakah pelaksanaan kegiatan normalisasi dilakukan melalui mekanisme musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) atau seperti apa. ”Kami dalami terlebih dahulu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Nur Haidir, memastikan, kegiatan normalisasi telah dilaksanakan. Dia menuturkan, pihaknya juga memiliki dokumentasi dari seluruh kegiatan tersebut.

Menurutnya kali tersebut kembali dipenuhi sampah karena adanya pembuangan sampah ke kali oleh oknum warga yang tidak bertanggungjawab. ”Meskipun sudah diangkut, sebelum warga sadar akan lingkungan kondisi tumpukan sampah masih terjadi,” ulasnya.

Haidir menuturkan, untuk kondisi Kali Pisang Batu, dan lokasi Kali Busa Kelurahan Bahagia dapat dilihat kondisi yang sudah dibersihkan. Menurutnya sesuai informasi yang diterimanya kondisi Kali Pisang Batu sudah penuh dengan sampah. ”Proses normalisasi masih kami lakukan, dalam waktu dekat juga sudah berjalan,” katanya.

Haidir memaparkan, untuk Kali Busa akan kembali dilakukan normlisasi di hulu Babelan dengan anggaran sebesar Rp500 juta.

Sebelumnya, berdasarkan data yang dihimpun dari situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bekasi (lpse.bekasikab.go.id), terdapat lima paket kegiatan di kali ini. Namun lokasinya bukan di Kelurahan Bahagia melainkan di Desa Babelan Kota.

Kegiatan Pemkab Bekasi di kali tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2016 dengan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) yang berbeda-beda. Pada APBD tahun 2016 terdapat kegiatan DED Normalisasi Kali Busa dan Kali DT 8 (pengerukan) dengan HPS sebesar Rp125,6 juta.

Kemudian, pada APBD tahun 2018 terdapat tiga kegiatan. Pertama, Normalisasi Kali Busa Desa Babelan Kota Paket 1 dengan HPS sebesar Rp363,9 juta dan terdapat keterangan evalusi ulang. Kedua, dengan nama paket Normalisasi Kali Busa Desa Babelan Kota Paket 2 dengan HPS sebesar Rp307 juta. Kemudian yang terakhir Normalisasi Kali Busa Desa Babelan Kota Paket 3 dengan HPS sebesar Rp307 juta. Selain itu, juga terdapat kegiatan Pengerukan Lumpur/Tanah Normalisasi Kali Busa pada APBD 2019 dengan HPS sebesar Rp500 juta.(and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker