Pendidikan

Tingkatkan Wawasan Mahasiswa Tentang Kota Bekasi

diskusi
FOTO BERSAMA: Sejumlah peserta diskusi dan narasumber foto bersama usai diskusi publik bertajuk ”Peradaban Pembangunan Kota Bekasi” di Sekretariat HMI Cabang Bekasi, Rabu (7/8).Istimewa

Radarbekasi.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bekasi menghelat diskusi publik bertajuk ”Peradaban Pembangunan Kota Bekasi”. Kegiatan ini dihelat dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Sekitar 50 peserta, mulai dari mahasiswa, atau pemuda, serta alumni HMI, mengikuti diskusi publik yang berlangsung di Sekretariat HMI Cabang Bekasi, Rabu (7/8). Kegiatan diskusi menghadirkan Sejarawan Bekasi, Andi Sopandi.

Dalam kesempatan itu, Andi menyampaikan, Kota Bekasi harus branding image. Pasalnya, Kota Bekasi potensi menjadi kota peradaban karena memiliki historis yang mendalam.

”Kota Bekasi itu memiliki nilai aspek yang kental dari budaya dan sejarahnya, tetapi tetap mempertahankan nilai-nilai seperti itu di dalam era yang berkembang pesat ini,” ujar Andi.

Sementara, Ketua Umum HMI Cabang Bekasi, Ahmad Mustopa Kamal, mengatakan diskusi dihelat untuk menambah ilmu pengetahuan tentang identitas Kota Bekasi sebagai Kota Patriot.

”Diskusi ini untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dan pemuda tentang Kota Bekasi,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan Kota Bekasi tak terlepas dari nilai-nilai kebudayaan dan ikon yang dimiliki. ”Kota Bekasi adalah salah satu kota yang besar. Dengan mempertahankan nilai-nilai seperti itu saya yakin Kota Bekasi akan menjadi kota kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakannya, sebagai kota besar, Kota Bekasi membutuhkan citra yang baik. Sehingga nantinya dapat menimbulkan persepsi bahwa Kota Bekasi merupakan kota yang kental dengan aspek budaya dan sejarahnya.

”Kita sebagai HMI ikut serta dalam mewujudkan Kota Bekasi sebagai kota peradaban yang memiliki histori mendalam,” katanya.

Melalui diskusi, Ahmad berharap, peserta dapat lebih mengenal identitas Kota Bekasi sebagai Kota Patriot. Tentunya, mahasiswa dan pemuda juga dapat berkontribusi melalui ide atau gagasam untuk mewujudkan Kota Bekasi sebagai kota peradaban.

”Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, kita seharusnya benar-benar bisa mewujudkan hal-hal yang bisa membangun kota-kota lain, khususnya Kota Bekasi agar lebih baik untuk kedepannya,” pungkasnya. (cr46)

Tags
Close