Berita UtamaMetropolisPemkot

Distanikan Pastikan Hewan Kurban ”ASUH”

Pasang Label Sehat

BERI MAKAN: Pekerja memberikan makan sapi di lokasi penjualan hewan kurban kawasan Pekayon, Bekasi Selatan, Jumat (9/8) RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi berupaya memastikan hewan kurban di Kota Bekasi Aman Sehat Utuh Halal (ASUH). Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan pengecekan ke lokasi penjualan hewan kurban.

Proses pengecekan melibatkan petugas internal serta menggandeng tim gabungan Fakultas Kedokteran Hewan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Departemen Pertanian, hingga PDH.

Sedikitnya 23 lokasi penjualan hewan kurban yang ada di wilayah Kota Bekasi masuk dalam pemantauan.

Kepala Distanikan Kota Bekasi, Momon Sulaeman mengaku, proses pemeriksaan hewan kurban rutin dilakukan setiap tahunnya.

 ”Saya harap hewan kurban itu Aman Sehat Utuh Halal (ASUH), kesehatan hewan harus di perhatikan,” kata Momon.

Dijelaskan Momon pengecekan hewan kurban sudah dilakukan sejak awal Agustus 2019 hingga hari Idul Adha. Pihaknya juga meminta kepada pedagang hewan kurban memperhatian kondisi hewan dari luar daerah.

”Pengecekan kesehatan kita lakukan di awal Agustus, sampai hari H,” ucapnya.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan, sejumlah hewan bakal diberi stiker atau label sehat yang sudah disiapkan petugas.

 ”Kita kan periksa di penjual hewan kurban yang bersekala besar, setelah di periksa nanti penjual hewan tersebut akan mendapatkan stiker sehat yang akan di tempelkan di setiap hewan yang di jual untuk kurban,” jelasnya.

Tahun ini, pihaknya menyiapkan 41 ribu stiker atau label sehat untuk hewan kurban. Tahun sebelumnya di angka 36 ribu.

”Ya mudah mudahan warga Bekasi yang nantinya ingin membeli kurban tidak perlu khawatir jika sudah terpasang stiker sehat, itu menunjukan hewan tersebut baik untuk di beli,” ungkapnya. (adv/pay)

Close