Berita UtamaCikarang

Gaji RT RW Langsung ke Rekening Pribadi

Radarbekasi.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengimbau agar ketua RT dan RW di Kabupaten Bekasi membuat rekening Bank. Supaya, gaji mereka dapat langsung dikirim ke rekening masing-masing.

Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat, pada DPMD Kabupaten Bekasi, Sugiana, mengatakan, usulan RT dan RW untuk mempunyai rekening sudah disetujui bupati Bekasi. Sehingga, kata Sugiana, dalam minggu ini surat himbauan akan disebarkan ke setiap kecamatan, yang nantinya akan diserahkan ke kepala Desa atau lurah agar memerintahkan RT dan RW membuat rekening.

”Untuk sekarang gaji RT/RW masih dikirim ke rekening kepala Desa. Tapi bulan Oktober tunjangan RT dan RW bisa langsung masuk ke rekening masing-masing. Karena RT/RW diwajibkan mempunyai rekening,” ujarnya belum lama ini.

Dia menjelaskan, gaji RT/RW untuk tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya dari Rp500 ribu menjadi Rp700 ribu. Gaji tersebut pun diambil setiap tiga bulan sekali tidak seperti sebelumnya diambil enam bulan sekali.

”Sekarang bisa diambil tiga bulan sekali, dengan catatan SPJ sebelumnya harus sudah masuk. Sekarang satu bulannya Rp 700 ribu, diambil pertiga bulan,” tuturnya.

Dia mengaku, hal ini salah satu upaya untuk menghindari adanya kebijakan kepala desa yang memberikan tunjangan RT/RW semaunya.

Kebijakan untuk menaikan gaji RT/RW karena melihat kondisi kinerja RT dan RW, dan kemampuan anggaran Pemkab Bekasi.

”Kalau emang kita melihat kinerjanya buruk. akan kita lakukan pembinaan, setiap tahun kita evaluasi, misalkan kinerja bagus dan merata, bisa saja ada kenaikan honor lagi, tapi akan lihat anggarannya dulu,” ungkapnya. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker