BekasiBerita UtamaMetropolis

Mustikajaya Rencanakan Bentuk Paguyuban Hidroponik

Membangun Ekonomi Warga

KAMPUNG HIDROPONIK: Camat Mustika Jaya, Gutus Hermawan Eka Permana melihat kampung hidroponik di lingkungan Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kecamatan Mustikajaya telah membentuk lingkungan hidroponik di setiap RT dan RW di wilayah setempat. Hal itu dilakukan menindaklanjuti arahan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Camat Mustikajaya, Gutus Hermawan Eka Permana, mengatakan, dirinya berencana untuk membentuk paguyuban hidroponik karena sudah terbentuknya kampung hidroponik di wilayah setempat.

Dia menjelaskan, selama ini sayur hasil panen hidroponik hanya digunakan untuk konsumsi rumah tangga dan diberikan kepada tetangga. Jika sudah ada paguyuban hidroponik, lanjut dia, hasil panen dapat dijual karena memiliki nilai ekonomis yang bermanfaat untuk meningkatkan kehidupan warga sekitar.

”Karena sudah ada salah satu kampung hidroponik yang sudah menjalankan MoU (Memorandum of Understanding atau nota kesepahaman) ke pihak ketiga, untuk menampung hasil panen sayur hidroponiknya. Jadi tidak hanya dikonsumsi saja melainkan bisa menambah nilai ekonomi warga,” ucapnya.

MEMANTAU: Camat Mustikajaya, Gutus Hermawan Eka Permana, memantau sayur-mayur Hidroponik yang siap panen di lingkungan Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

Dalam menanam hidroponik, pihaknya baru fokus terhadap jenis sayur-sayuran. Dengan adanya paguyuban, maka diharapkan dapat menanam jenis tanaman lain. ”Saya harap sayur-mayur hidroponik laku di pasaran, selama ini belum terkodinir dengan adanya paguyuban itu saya harap bisa terkodinir dan menambah ekonomi warga, sehingga bisa menambah minat warga bercocok tanam hidroponik,” ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini sudah terdapat sejumlah kampung di lingkungan Kecamatan Mustikajaya yang sudah memasuki masa panen sayuran hidroponik. Di antaranya di RW 08, Kelurahan Cimuning dan RW 06, Kelurahan Padurenan.

Kata dia, pihaknya telah mempersiapkan tanaman hidroponik apabila wali kota dan wakil wali kota Bekasi ingin ikut memanen pada akhir Agustus.

”Kita sudah siapkan untuk memanen serempak kampung hidropinik di Kota Bekasi yakni di Padurenan dan Cimuning,” katanya. (pay/adv)

Close