Berita UtamaPolitik

Rapat Pleno Penetapan DPRD Ditunda

MK Kabulkan Gugatan Nasdem

BERI KETERANGAN: Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin saat memberi keterangan kepada wartawan. DOK/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Rencana rapat pleno penetapan kursi anggota DPRD Kabupaten Bekasi terpilih yang sedianya dilakukan Selasa (13/8) (hari ini, red), diundur sampai dengan batas waktu yang belum ditetukan.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan, hal ini gara-gara Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan dari Partai Nasdem Kabupaten Bekasi dari dapil II, meliputi Kecamatan Cikarang Barat dan Cibitung.

”Awalnya kami sudah merencanakan tanggal 13 Agustus 2019 melakukan rapat pleno, dengan asumsi waktu itu keputusan MK sudah menolak semua gugatan, tapi nyatanya gugatan dari Nasdem dikabulkan,” ucap Jajang, Senin (12/8).

Menurutnya, pembacaan putusan terakhir Jumat (9/8) lalu, MK mengabulkan sebagian gugatan dari Partai Nasdem Kabupaten Bekasi dari dapil II.

Sehingga, KPU RI melalui surat Nomor 1115 tertanggal 10 Agustus 2019, memerintahkan KPU Kabupaten Bekasi untuk menindaklanjuti keputusan MK, dengan waktu paling lama 14 hari.

”MK memerintahkan untuk dilakukan sanding data antara formulir C1 dengan C1 pleno di Desa Telaga Murni, Cikarang Barat. Kami diberi waktu sesuai yang tercantum di dalam amar putusan MK, yaitu selama 14 hari kerja,” tuturnya.

Jajang menegaskan, untuk saat ini belum bisa merencanakan kembali kapan pleno penetapan anggota dewan baru akan dilakukan. Pasalnya, sampai sekarang masih menunggu jadwal dari KPU RI untuk melaksanakan penyandingan data.

”Kami belum bisa memastikan kapan pleno penetapan kursi anggota DPRD Kabupaten Bekasi. Sebab kami harus selesaikan terlebih dulu tindak lanjut keputusan MK sekaligus perintah dari KPU RI,” tukas Jajang. (pra)

Close