Pendidikan

Siswa Berkebutuhan Khusus Ikuti PPK

Yang Penting Kalian Harus Berusaha

FOTO BERSAMA: Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika, foto bersama usai melepas kontingen Jabar saat apel pagi di Halaman Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Senin (12/8).Ist15

Radarbekasi.id – Kontingen Jawa Barat siap mengikuti kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Berbasis Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2019. Ada sebanyak 12 siswa yang mengikuti kegiatan ini.

Acara yang diinisiasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Khusus dan Menengah itu dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 13 hingga 16 Agustus 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika melepas kontingen Jabar saat apel pagi di Halaman Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Senin (12/8). Dewi berharap, seluruh siswa mampu mengeluarkan potensi terbaik dalam kegiatan tersebut.

”Semoga anak-anak hebat ini mampu mengekspresikan seluruh kemampuannya di sana,” ujar Dewi, dikutip dalam laman resmi Disdik Jabar, Senin (12/8).

Ia berharap, kontingen Jabar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bisa meraih hasil optimal. ”Yang penting kalian harus berusaha. Insha Allah hasilnya nanti akan bagus. Mudah-mudahan Jabar jadi yang terdepan dan bisa menjadi juara nasional,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen Jabar, Sudarman menjelaskan, kontingen Jabar terdiri dari 12 siswa dan 17 pendamping. Kedua belas siswa ini merupakan perwakilan dari tiap jenjang pendidikan, yakni SDLB, SMPLB, dan SMALB yang memiliki kebutuhan khusus beragam.

”Tiap jenjang, perwakilannya dua orang dan kebutuhan khususnya juga berbeda-beda, sesuai kriteria yang ditentukan panitia. Ada tunagrahita, tunadaksa, tunarungu, dan lainnya,” paparnya.

Ia menyatakan, kontingen Jabar telah mempersiapkan semuanya dengan baik, mulai dari kesiapan peserta hingga sarana dan prasarana, seperti tenda dan gapura yang akan digunakan. ”Siswa yang berpartisipasi adalah siswa yang terpilih melalui proses seleksi. Latihan di pangkalan setiap gugus pun selalu dilaksanakan karena kegiatan ini memang harus dipersiapkan dengan matang,” tuturnya.

Sudarman pun bertekad mempertahankan gelar juara umum pada tahun ini. ”Selain salah satu perwujudan pendidikan karakter kepada siswa yang mengacu pada pencapaian tahun lalu, insha Allah kita optimis kembali menjadi juara umum,” tegasnya. (oke/tim)

Close