Politik

KPU Siapkan Penyandingan Data di 114 TPS

rapat
PIMPIN RAPAT: Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin (tengah), saat memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 di Kantor KPU Kabupaten Bekasi. DOK/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai Nasdem, Ranio Abadillah, yang juga selaku penggugat hasil rekapitulasi di Kecamatan Cikarang Barat, khususnya di Desa Telaga Murni, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi melakukan penyandingan data formulir C1 dengan formulir C1 plano di 114 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Ranio, dari 117 TPS yang ada di Desa Telaga Murni, tiga TPS sudah dilakukan penghitungan surat suara ulang, yakni TPS 48, 49, dan 117. Sehingga masih ada 114 TPS lagi yang belum dilakukan penyandingan data.

”Tiga TPS yang sudah dilakukan penghitungan ulang, terbukti ada penambahan-penambahan suara untuk partai tertentu. Lalu sisanya 114 TPS masih kami persoalkan, dan akan dilakukan penyandingan data dalam waktu dekat ini,” beber Ranio, Kamis (15/8).

Dia mengakui, sebelumnya KPU sudah melakukan penyandingan data di 75 TPS di Desa Telaga Murni. Namun, itu baru penyandingan awal dari satu rangkaian persoalan yang ada.

Ranio berharap, pasca putusan dari MK, KPU harus bisa memaksimalkan waktu yang sudah diberikan selama 14 hari, dan dapat diterima oleh semua pihak.

”Ini sudah jelas amar keputusan dari MK, yang menyatakan dalam waktu 14 hari harus sudah dilaksanakan, dan kami juga sudah mensyaratkan dalam forum koordinasi dengan KPU, beserta parpol lainnya,” ujar Ranio.

Pria yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2014-2019 ini menegaskan, tidak ada lagi yang boleh main-main dalam menyikapi keputusan MK ini. Misalkan ada bukti kecurangan yang terjadi, ia meminta laporan dari Gakkumdu juga segera ditindaklanjuti.

”Kami meminta laporan Gakkumdu segera ditindaklanjuti. Tentunya dengan pihak terkait, sehingga persoalannya terang benderang,” tukasnya.

Lanjut Ranio, pihaknya akan menerima apa yang menjadi keputusan akhir dari KPU pada tanggal 23 Agustus 2019 mendatang. Kendati demikian, dirinya masih optimis jika gugatannya bisa menang.

Meski demikian, sampai saat ini Ranio belum mengetahui waktu penyandingan data yang akan dilakukan oleh KPU. ”Secara pasti saya belum tahu kapan penyandingan dilakukan, karena KPU Kabupaten terakhir mengabarkan masih menunggu petunjuk dari KPU RI,” tuturnya.

Terpisah, caleg DPRD Kabupaten Bekasi dari PKS, Rusdi Haryadi sebagai tergugat, menghargai keputusan dari MK yang mengkabulkan gugatan Partai Nasdem. Ia menilai, keputusan MK itu bagian dari proses demokrasi.

”Saat dilakukan penyandingan data, saya akan hadir, walaupun sebenarnya bukan saksi mandat dari PKS. Yang jelas saya akan ikut memantau langsung. Ini saya anggap sebagai pembelajaran politik,” ucapnya.

Sejauh ini, Rusdi masih optimis bahwa data yang sebenarnya tidak ada kecurangan, bukan seperti yang dituduhkan oleh pelapor atau penggugat. Hanya saja, dalam penyandingan data tersebut harus jujur dan terbuka.

”PKS sedari awal tetap optimis berbasis data, prosesnya nanti seperti apa, saya belum tahu. Saya hanya minta penyandingan data dilakukan secara jujur dan terbuka, sehingga kualitas demokrasi yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin menjelaskan, hasil konsultasi kepada KPU RI, penyandingan data akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin (19/8) sampai Rabu (21/8), serentak se-Indonesia, khususnya Kabupaten/Kota di Indonesia sesuai keputusan MK.

”Informasi sementara yang kami peroleh, maksimal waktu penyandingan data tiga hari, tapi kalau bisa selesai satu hari, itu lebih baik,” beber Jajang.

Sejauh ini, tambah Jajang, KPU sedang mempersiapkan kebutuhan logistik, sesuai perintah dari MK, yaitu menyandingkan data formulir C1 dan C1 plano di Desa Telaga Murni.

”Kami akan siapkan formulir C1 dan C1 plano nya. Termasuk kotak suara yang akan dibongkar, masih lengkap atau tidak,” pungkasnya. (pra)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + three =

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker