Olahraga

PODSI Kabupaten Bekasi Krisis Atlet Putra

Batasan Usia Hambat Keikutsertaan Atlet Potensial di Porda

dayung
ILUSTRASI: Atlet PODSI ketika menjalani latihan sebelum dihadapkan pada kejuaraan. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Pembatasan usia memang menjadi kendala yang dihadapi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Bekasi saat ini. Pasalnya, atlet putra eks Porda 2018 tidak lagi bisa bertanding pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIV 2022 nanti.

Pelatih PODSI Kabupaten Bekasi, Herdoni mengakui bahwa saat ini mereka bertumpu pada atlet putri.

Tidak menutup kemungkinan, raihan medali emas ditarget di nomor putri pada olahraga multi event empat tahunan nanti.

”Untuk kita (Kabupaten Bekasi), memang masih lemah di nomor putra. Saat ini kita sedang berupaya untuk menutupi kekuarang itu,” ujar lelaki yang akrab disapa Doni kepada Radar Bekasi.

Untuk persiapan Porda, kata dia, target mengikuti semua nomor memang akan dikejar. Dengan waktu dua tahun hingga babak kualifikasi (BK), peluang untuk membentuk skuat dayung putra dinilai masih memungkinkan. Meskipun, prosesnya tidak mudah.

”Persiapan Porda memang sudah dilakukan. Karena kalaupun dipaksakan dengan atlet yang kemarin (Porda) lelaki atau putra sudah habis batas usia dan sudah lewat dan tidak mungkin digunakan,” bebernya.

Sementara untuk tim putri, peluang meraih medali emas pada Porda diklaim cukup besar. Dimana, kata Doni, yang menjadi lawan berat skuat putri di Porda 2022 juga terkendala batasan usia.

”Hanya beberapa yang akan mejadi lawan putri. Tapi Insya Allah untuk putri, kita bisa, optimis,” imbuhnya.

Lanjut Doni, semua nomor di kategori putri masih terisi. Dari mulai nomor dragon boat, rowing hingga canoeing. Dengan 15 atlet yang dimiliki, semua nomor bisa diikuti.
”Masuk kategori lengkap. Potensi sendiri memang ada di putri. Untuk putri tambahan di nomor kayak juga punya kans besar,”

Sementara itu, saat ditanya mengenai upaya menutupi kekurangan atlet, pihaknya belum memberikan gambaran detail.

”Intinya, untuk menutupi kekuaraangan atlet putra, sedang kita upayakan,” tukasnya. (dan)

Tags
Close