CikarangLingkunganPublik

Asap Pembakaran Sampah Ganggu Pengguna Jalan

PEMADAMAN API: Personil Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi memadamkan api TPS liar di Kampung Jarakosta, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat. IST/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi harus menerjunkan dua unit mobil kebakaran untuk memadamkan api di tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Kampung Jarakosta, Desa Sukadanau, Rabu (21/8).

Pasalnya, api yang bersumber dari tempat pembuangan sampah tersebut sangat menggangu pengguna jalan yang melintas di KM 28 Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Komandan regu tim evakuasi penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho mengatakan, pihaknya memadamkan api karena ada laporan dari pengendara. Belum diketahui pembakar sampah tersebut.

”Asap ini sangat mengganggu jarak pandang pengguna jalan tol di KM 28, karena lokasi tempat sampah ini di pinggir jalan tol, setelah mendapat laporan kita langsung meninjau kelokasi untuk menindak lanjuti,” katanya usai memadamkan api.

Menurutnya, pemadaman membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari pukul 11.30 sampai 14.45 WIB. ”Tadi kita mengerahkan tiga unit pancar (mobil kebakaran) kapasitas 3.000 liter, 5.000 liter, dan 8.000 liter. Dari kantor Dinas Pemdadam Kebakaran dua unit, dan satu unit pancar bantuan dari PT Cikarang Listindo,” tuturnya.

Dirinya mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan, dan memantau saat melakukan pembakaran. Terutama tempat pembakaran yang tidak jauh dari jalan raya. ”Sekarang ini musim kemarau, kalau membakar sampah harus dipantau, karena berpotensi akan meramba ke ranting pohon, alang-alang, dan tempat lainnya yang berada disekitar lokasi pembakaran,” ucapnya.(pra)

Close