Berita UtamaCikarang

Bangun Booster Atasi Kekeringan

air
SOKONG KEBUTUHAN AIR: Pekerja tengah memeriksa Booster air di Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Kamis (22/8). Guna memenuhi kebutuhan air bersih di musim kemarau, PDAM Tirta Bhagasasi membuat booster air berkapasitas 2.000 M³ di Kecamatan Serangbaru.ARIESANT/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi (PDAM TB) membangun alat penekan air atau booster di wilayah Serangbaru. Pembangunan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan air bersih serta untuk mengatasi masalah kekeringan.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim mengatakan, pembangunan dan peresmian booster tersebut merupakan tindaklanjut dari pembangunan sebelumnya. Dari pembangunan tersebut, juga dapat memeberikan layanan air bersih bagi tiga ribu pelanggan yang ada di Perumahan Kota Serang Baru (KSB), Desa Sukaragam.

Usep menyampaikan pembangunan booster di KSB juga dapat memberikan tekanan di sejumlah desa yakni Desa Sirnajati, Ridomanah dan Ridhogalih, Desa Serangbaru, Cilangkara, Nagacipta, Nagasari, Sukasari, Sukaragam, Cibarusah Kota, Sindangmulya.

”Diresmikannya booster ini setidaknya kami dapat memberikan pelayanan di KSB sebanyak 3.000 sambungan langganan,” kata Usep usai meresmikan booster, di Perumahan KSB, kemarin (22/8).

Usep menyampaikan, pihaknya tetap melakukan produksi di Tegalgede, Cikarang Pusat. Setelah itu dari Tegalgede ditampung di Ciantra dan langsung ke KSB.

Usep mengajak masyarakat terdampak kekeringan untuk mengikuti pendataan pelanggan. Jika sudah, maka masalah kekeringan dapat teratasi sebab saluran air bisa langsung ke masing-masing rumah.

”Jadi tinggal antusiasnya masyarakat segera menyambung agar kebutuhan air bersih di tiga desa bisa terpenuhi, terutama Desa Ridhogalih, Ridhomanah, dan Sirnajati. Untuk biaya penyambungan hanya dikenakan biaya Rp1.060.000, dan untuk biayanya hanya Rp2ribu per 1.000 liter, atau setara dengan Rp2/liter ” katanya.

Sebelum di KSB, booster terlebih dulu dibangun di Perumahan Mega Regency dengan kapasitas 1.700 meter kubik dan 250 meter kubik, serta di PDAM booster Loji kapasitas 1.000 meter kubik.

Dengan beberapa booster tersebut ditargetkan bisa melayani sekitar 43 ribu sambungan langsung. Serta meningkatkan cakupan pelayanan 20 persen. (and)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close