Peristiwa

Jalan Mundur untuk Bertemu Jokowi

TAK LAZIM: Medi Baskoni (43) melakukan aksi jalan mundur dari kampung halamannya di Desa Dono RT 02/01, Kecamatan Sendang, Tulungagung menuju Jakarta untuk bertemu Presiden Joko Widodo. SURYA BAGUS/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Medi Baskoni (43) sudah berjalan kaki satu bulan lebih sejak 18 Juli 2019 lalu. Medi berjalan dari kampung halamannya di Desa Dono RT 02/01, Kecamatan Sendang, Tulungagung menuju Jakarta untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

Namun aksi yang dilakukan Medi ini cukup menyita perhatian. Pasalnya Medi melakukan jalan mundur sepanjang aksinya menuju Jakarta.

Kamis (22/8) kemarin, Medi melintas di kawasan Kota Bekasi. Untuk mengusir lelah, dia sempat beristirahat di Alun-Alun Kota Bekasi serta sekitar Pemkot Bekasi.

Aksinya tersebut bukan tanpa tujuan, Medi mengaku mengajak masyarakat melihat sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Jalan mundur ini dilakukan dalam momentum memperingati HUT ke-74 RI.

Ketika bertemu Presiden hanya satu tujuan Medi, yakni hendak meminta bibit pohon untuk digunakan sebagai ikon penghijauan di wilayah Tulungagung.

”Meminta pohon untuk djadikan sebagai ikon penghijauan di Gunung Wilis,” ungkapnya ketika berbincang dengan Radar Bekasi.

Targetnya Medi untuk tiba di Jakarta pada saat upacara detik-detik Proklamasi memang tidak tercapai.  Pada 17 Agustus lalu ia baru berada di wilayah Indramayu. Akhirnya Medi mengikuti upacara diwilayah setempat. Beberapa kendala diakui menemani perjalanannya sejak satu bulan lalu.

”Tidak mencapai target karena banyak kendala dijalur pantura, dari Semarang sampai Brebes karena ada perbaikan jalan. Kemarin upacara di Jalan Kuwu Jumbleng,” tambahnya.

Ketika melintas di Kota Bekasi, ia terlihat ditemani oleh sejumlah warga yang tergabung dalam Indonesia Escorting Ambulance (IEA). Selama perjalanan Medi mengaku beristirahat di tempat rekannya yang diketahui pecinta alam dan IEA.

”Kebetulan IEA wilayah Bekasi sudah dikoordinasi dengan pak Medi langsung, dan kita akan mengawalnya sampai Kemenpora,” kata Bill, Sekretaris II IEA Wilayah Bekasi Raya.

Ketika tiba di Jakarta nanti, Medi direncanakan beristirahat di sekretariat nasional IEA. Bill mengaku sudah berkoordinasi dengan IEA Jakarta.(sur)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close
Close