CikarangInfrastruktur

Tiga Kecamatan Terdampak Pembangunan Tol

ILUSTRASI: Sejumlah kendaraan truk mendominasi ruas Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Barat, belum lama ini. Dibangunnya tol Japek II Selatan menjadi alternatif pengendara serta memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi Selatan. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RadarBekasi.id – Tiga Kecamatan di Kota Bekasi akan dilalui trase tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan. Pengerjaan kontruksi akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

Jalan tol yang direncanakan membentang sepanjang 62 km ini dibangun dengan tujuan memangkas waktu perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek.

Jalan tol yang sudah mulai dibangun pada seksi tiga ini diketahui akan terhubung dengan jalan tol JORR II dan Cipularang. Di wilayah Kota Bekasi pengukuran lahan sepanjang 9,3 km sudah dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi.

”Sudah dilakukan pengukuran oleh BPN, pertengahan 2020 konstruksi,” kata Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Erwin Guwinda kepada Radar Bekasi belum lama ini.

Trase tol Japek II ini akan dimulai dari tol JORR yang berlokasi di Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih sampai ke wilayah perbatasan Setu, Kabupaten Bekasi.

Beberapa wilayah yang akan dilalui oleh tol Japek II Selatan di Kota Bekasi diantaranya adalah wilayah Kecamatan Jatiasih, Kecamatan Mustikajaya dan Kecamatan Bantargebang.

Trase tol yang dibangun sepanjang 62 kilometer ini akan melewati beberapa wilayah Kabupaten Kota dan terbagi kedalam tiga seksi yakni seksi satu sepanjang 9,3 km diwilayah Kota Bekasi, seksi dua mulai dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 km, dan Taman Mekar menuju Sadang pada seksi tiga sepanjang 27,85 km.

Kota Bekasi sendiri diketahui saat ini tengah dilalui oleh beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN). Tahun 2020 mendatang satu lagi pembangunan infrastruktur jalan dilaksanakan di Kota Bekasi. Tol Japek II Selatan ini akan memudahkan penduduk Kota Bekasi ke berbagai wilayah diluar kota.

”Akses ke luar kota arah Utara, Selatan dan Timur, Barat tidak lagi menggunakan jalan kota atau jalan lokal. Bekasi arah Jakarta atau Bogor dan Bekasi arah Tangerang, Bandung atau Cirebon, Cipali,” jelas Erwin. (sur)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close