CikarangInfrastrukturMetropolis

Jembatan Penghubung Masuk Usulan

Pemkot Minta Pembangunan Dipercepat

KRODIT: Sejumlah kendaraan menumpuk di ruas Jalan HM Djoyomartono depan pintu tol Bekasi Timur. Adanya jembatan penghubung diharapkan mengurangi kemacetan dilokasi tersebut. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Usulan pembangunan jembatan yang menghubungkan Jalan Tarum Barat, Kalimalang sebagai akses keluar area Transit Oriented Development (TOD) Bekasi Timur akhirnya masuk dalam rencana pembangunan untuk mendukung pengoperasian Lintas Rel Terpadu (LRT) di kawasan Bekasi Timur.

Kepada Radar Bekasi, Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan mengaku usulan pembangunan jembatan tersebut sudah disetujui meskipun sempat hilang pada saat rapat pengoperasian TOD bulan Mei lalu.

Berdasarkan hasil rapat terakhir yang dilaksanakan di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) usulan pembangunan jembatan akhirnya disetujui.

 Jembatan ini disebut sebagai cara untuk meminimalisir kepadatan dampak lalulintas di kawasan perbatasan Kota dan Kabupaten Bekasi.

Jika sebelumnya arus diarahkan ke Jalan HM Djoyomartono seperti yang dirapatkan pada bulan Mei lalu, maka kepadatan lalulintas di Jalan HM Djoyomartono akan semakin kompleks.

”Kita sudah rapatkan, waktu itu di Bappeda kita rapat. Konsultannya bilang usulan jembatan itu sudah masuk didalam rencana mereka,” ungkap Johan, Jumat (23/8).

TOD Bekasi Timur yang berada diwilayah Jatimulya, Kabupaten Bekasi merupakan transportasi pendukung stasiun LRT di wilayah tersebut.

 Informasi yang dihimpun, TOD akan langsung terintegrasi dengan stasiun LRT Bekasi Timur. Pengembangan kawasan ini terdiri dari 16 tower apartemen maupun mal.

Johan menekankan pihaknya meminta jembatan penghubung yang dimaksud sudah tersedia dan siap untuk beroperasi sebelum TOD beroperasi sesuai informasi terakhir pada akhir tahun 2019.

”Tapi kita minta sebelum TOD itu dioperasikan, jembatan itu harus sudah ada. Karena kalau sudah dioperasikan bagaimana dengan Kota Bekasi-nya. Kalau kapannya saya belum mendapatkan informasi terbaru, rencananya akhir tahun 2019 tapi itukan tentatif,” sambung Johan. (sur)

Close