CikarangLingkungan

Perluasan TPA Burangkeng Jadi Prioritas

ANTRE: Sejumlah armada pengangkut sampah antre menunggu giliran untuk membuang sampah di TPA Burangkeng, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, belum lama ini. ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Perluasan TPA Burangkeng akan menjadi prioritas dalam pembahasan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Pasalnya, volume sampah di TPA yang berada di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu ini telah overload.

Plt Kepala Bidang Fisik pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, E. Y. Taufik mengatakan, secara administrasi TPA Burangkeng tidak sesuai peruntukkan sehingga belum bisa diperluas.

Untuk diperluas, kata dia, harus dilakukan perbaikan dalam revisi Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilaya (RTRW). Saat ini, RTRW tersebut harus terintegrasi pada perencanaan Pemerintah Pusat karena Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah strategis nasional yang dilintasi sejumlah proyek seperti Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Selatan.

”Ya jadi kebetulan karena sudah ada pembahasan, pastinya untuk RTRW khusus untuk di TPA Burangkeng akan menjadi perhatian kami. Sebab kondisi sampah yang ada di Bekasi juga perlu perhatian, sehingga berbagai stakeholder perlu bekerjasama untuk kepentingan masayrakat,” tuturnya.

Namun, Taufik belum dapat menargetkan selesainya pembahasan RTRW. ”Untuk revisi RTRW ini saya belum bisa pastikan, karena pembahasannya bersamaan dengan kebijakan pusat, sebab harus ada singkroinisasi dengan perencanaan pembangunan dari pemerintah pusat,” ujarnya. (and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close