Cikarang

Gangguan Layanan Akibat ODP Dicuri, Telkom Sampaikan Permohonan Maaf

HILANG DICURI : Kondisi Optical Distribution Point (ODP) yang curi, Rabu (4/9). Foto: Telkom

Radarbekasi.id –  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyampaikan permohonan maaf ke seluruh pelanggan terkait adanya gangguan layanan jasa telekomunikasi yang terjadi dibeberapa wilayah di Cikarang Kabupaten Bekasi, Rabu (4/9). Gangguan itu terjadi karena adanya tindak pencurian pada Optical Distribution Point (ODP).

Kepala Kantor Daerah Telkom Cikarang Achmad Nurdin menyampaikan, ODP merupakan sebuah perangkat pendukung layanan fiber optik yang berfungsi sebagai titik terminasi kabel drop optik atau tempat untuk membagi satu core optic ke beberapa pelanggan. Menurutnya, terdapat puluhan ODP yang curi.

“Ada tiga area, yakni di Sukaresmi, Sukamahi, dan Jababeka. Sukaresmi ada 1 ODP, Sukamahi 19 ODP di 4 lokasi, Jababeka 8 ODP di 1 lokasi. Total kehilangan 28 ODP,” tutur Ahmad kepada Radar Bekasi.

Hilangnya asset negara yang dicuri itu baru diketahui pada pagi hari ini. Itu setelah beberapa pelanggan mengeluhkan layanan Telkomunikasi mati kepada Telkom.

“Diketahui setelah banyak laporan gangguan, setelah kita cek perangkat di ODP sudah pada hilang,” ucapnya.

Sejumlah lokasi yang terdampak gangguan layanan diantaranya berada di wilayah Cikarang Pusat seperti Jalan Kenari, Jalan Pinang, Jalan  Trembesi,  dan Jalan Sungkai. Sampai berita ini diturunkan, Telkom terus berupaya melakukan recovery agar layanan ke pelanggan yang terdampak dapat kembali normal secepat mungkin.

“Kita usahakan hari ini sudah pulih,” ujarnya.

Selain itu, Telkom berharap bantuan dari masyarakat agar ikut membantu mengawasi dan menjaga asset negara tersebut. (oke)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close