CikarangSosial

Pemkab Berupaya Menyelamatkan Anak Jalanan

PENYULUHAN: Petugas Dinas Sosial Kabupaten Bekasi memberikan penjelasan ke sejumlah anak jalanan saat hendak melakukan penyuluhan di Jalan RE Martadinata, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Sosial akan berupaya untuk menyelematkan kehidupan anak jalanan (anjal) yang ada di wilayah setempat. Hal ini dilakukan untuk menciptakan generasi yang berpendidikan.

Kepala Seksi Tunas Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Titin Supriatin, menuturkan, penyelamatan kehidupan anak jalanan harus dilakukan sejak dini. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan penyuluhan di beberapa titik.

Di antaranya, Lampu Merah SGC Cikarang Utara, Lampu Merah Cibitung, Lampu Merah Grand Wisata dan Lampu Merah Perempatan Lippo Cikarang Jalan Raya Serang.

”Ini untuk mengantisipasi anak jalanan yang turun ke jalan baik sebagai pengemis, penjual tisu, dan pengamen. Hal itu sebenarnya tidak diperbolehkan karena sangat membahayakan bagi keselamatan anak, serta mengganggu para pengendara lalu lintas,” katanya kepada Radar Bekasi, Selasa (3/9).

Titin menjelaskan, kegiatan penyuluhan dilakukan untuk mengetahui penyebab masih banyaknya anak-anak yang harus turun ke jalan.

”Penyuluhan ini untuk kami mengetahui masalah sosial apa yang terjadi pada masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya. Sebab bagi anak-anak saat kami tanyakan mayoritas disuruh orang tuanya, dan kebutuhan sekolah,” jelasnya.

Dia mengatakan, terdapat sebanyak 40 titik yang telah dilakukan penyuluhan. Didapati anak yang masih sekolah dan putus sekolah. ”Saya harapkan hal ini menjadi perhatian kita semua,” katanya.

Kedepannya, kata dia, Dinas Sosial akan melakukan razia anjal bersama Satuan Polisi Pamong Praja, TNI dan Polri akan melakukan razia. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jera bagi anak-anak serta orang dewasa yang ada di jalan.

”Nanti khusus untuk anak, kami akan memanggil para orang tua, setelah akan kita berikan pembinaan supaya dapat memberikan masa anak-anak untuk bermain dan belajar. Meskipun diarahkan dapat membantu kebutuhan ekonomi keluarga, kami akan arahkan jangan melepas anak untuk turun ke jalan,” jelasnya.(and/adv)

Close