Metropolis

Pipa PDAM Keberatan Beban

PERBAIKAN PIPA: Pekerja sedang memperbaiki saluran pipa PDAM yang bocor di Jalan KH. Noer Ali, Bekasi Selatan, beberapa waktu lalu. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RadarBekasi.id – Pipa Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Bhagasasi beberapa waktu mengalami kebocoran tepatnya berada di depan RS Budi Lestari, Jalan KH Noer Ali Bekasi.

Kejadian tersebut diduga akibat pipa tak mampu menahan beban kendaraan bertonase lebih dari delapan ton yang kerap melintas.

Pada bulan Agustus lalu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi telah memasang portal penghalang kendaraan berat namun belum satu hari sudah rusak. Kemarin, portal kembali dipasang untuk menghalau kendaraan besar.

Selama portal tersebut belum dipasang, pipa PDAM menjadi korban. Kebocoran pipa sempat diperbaiki namun air masih nampak keluar dari sela-sela ruas jalan.

”Itu karena keberatan beban, karena bocor air rembes hingga merusak beton,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi, Bambang Normawan Putra, Selasa (3/9).

Kerucut lalu lintas atau traffic cone terlihat di lokasi bocornya pipa sebagai tanda untuk pengendara.

Kepadatan lalu lintas terjadi pada jam-jam sibuk, ketika perbaikan pekan lalu satu lajur sempat ditutup.

Sementara itu Bidang Pengembangan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto membenarkan kapasitas Jalan KH Noer Ali adalah delapan ton. Namun kenyataannya belakangan ini, banyak truk bertonase lebih dari delapan ton melintas. Sejauh ini kerusakan Pipa dilakukan oleh PDAM, sementara untuk perbaikan jalan dilakukan oleh PT KKDM selaku pengembang proyek tol Becakayu.

Pihaknya tidak ingin kasus serupa terjadi. ”Dulu sebelum kendaraan truk melintas di situ pipa PDAM enggak pernah rusak, tapi karena belakangan banyak yang lewat karena tol macetkan jadi mereka pilih jalan alternatif,” terang Idi.(sur)

Close