Bisnis

Disnaker Fasilitasi UMKM jadi Industri Kecil

FOTO BERSAMA: Sejumlah aparatur Disnaker, Dinas UMKM dan BBPP melakukan pembahasan terkait pelatihan dan pembinaan kepada UMKM di Kota Bekasi agar menjadi Industri Kecil. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi melakukan kerja sama dengan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Kemnaker RI untuk melakukan pembinaan dan pelatihan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kasi Pengukuran dan Analisas Produktivitas Masyarakat pada Disnake Kota Bekasi, Ade Nur Ridayati mengatakan, untuk memajukan usaha para pelaku UMKM yang ada di Kota Bekasi, pihaknya memfasilitasi para pelaku UMKM.

Hal itu dilakukan agar para pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya sehingga membuka lapangan pekerjaan baru.

”Kita lakukan penyisiran bagi pelaku UMKM yang ada di 12 Kecamatan kota Bekasi ikut dalam pelatihan dan pembinaan,” katanya, Jumat (6/9).

Dia menjelaskan, pelatihan diberikan kepada pelaku UMKM yang telah menjalani usaha minimal satu tahun. Dan jika bagi UMKM yang baru pihaknya hanya memberikan pembimbing terlebih dahulu agar mereka memahami apa yang akan dilakukan jika sudah menjadi Industri Kecil.

Sejauh ini, dari 500 UMKM yang ada, 79 di antaranya sudah menjadi Industri Kecil dengan jumlah pekerja yang terserap mencapai 154 orang. ”Awal kita bimbing UMKM jika sudah jadi IKA, nanti IKA yang kan membimbing UMKM,” ucapnya.

Dalam pelatihan tersebut, Disnaker juga bekerja sama dengan Dinas UMKM dan Disperindag untuk mendapatkan pelaku UMKM dari 12 Kecamatan.

”Pelatihan kita berikan secara gratis, dan tidak kita kelompokkan, dengan seperti ini kita ingin pelaku UMKM menjadi Industri Kecil dan dapat menampung tenaga kerja baru,” ungkapnya.(pay/adv)

Related Articles

Back to top button