Cikarang

Pengangkutan Sampah Kali Jambe Tak Merata

JADI LAUTAN SAMPAH: Pengendara melintasi aliran Kali Jambe di Perumahan Papan Mas, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Minggu (8/9). Normalisasi yang tidak merata meninggalkan beberapa sampah rumah tangga di Kali Jambe. ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Aliran Kali Jambe yang ada di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan kembali diselimuti sampah, Minggu (8/9). Kali ini, hal itu terjadi di Kampung Siluman, RT 03/05, Desa Mangunjaya.

Kepala Desa Mangunjaya, Idi Rohidi, membenarkan hal tersebut. ”Memang setelah dibersihkan kondisi saat kemarin memang nampak agak cukup baik. Namun saat ini sampah-sampah dan limbah tersebut sudah mulai banyak lagi sepanjang Kali Jambe,” katanya kepada Radar Bekasi kemarin.

Idi mendorong Pemkab Bekasi untuk menangani persoalan di Kali Jambe secara terpadu. Karena, menurut dia, perihal penumpukan sampah di kali tersebut perlu menjadi perhatian. Pasalnya, aliran kali itu melintasi sembilan desa dan dua kecamatan.

Dia menjelaskan, penumpukan sampah yang terjadi di Kali Jambe yang melintasi Desa Mangunjaya dan Desa Karangsatria, Tambun Utara disebabkan akibat terjadinya pendangkalan di sekitar wilayah tersebut saat musim kemarau. Hal ini membuat sampah tidak mengalir ke hulu di Kali Jambe di Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

Sampah tersebut, menurut dia, berasal dari sejumlah pihak. Selain masyarakat sekitar perumahan di Desa Mangunjaya, yang perlu diperhatikan yakni pengusaha dan warga yang tinggal di bantaran kali tersebut.

”Kebetulan tumpukannya banyak di Desa Mangunjaya dan Desa Karangsatria karena ada cekungan pendangkalan dan penyanggah jembatan,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup, Dody Agus Supriyanto, menuturkan, pihaknya memang sudah memprediksi kondisi tersebut. Sebab, kata dia, memang sudah direncanakan untuk membahas terkait penanganan kali di Kabupaten Bekasi secara keseluruhan.

”Kami saat ini dalam jangka pendek melakukan pengangkutan sampah di kali secara bersama, dan untuk menanggapi sampah tersebut besok (hari ini, red), coba kami akan turun kembali melakukan pembersihan,” ujarnya saat dihubungi, kemarin.(and)

Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 10 =

Close
Close