Berita UtamaPolitik

Tiga Partai sudah Tentukan Wakil Ketua Dewan

Gerindra masih Pimpinan Sementara

Radarbekasi.id – DPD Golkar Kabupaten Bekasi sudah menentukan siapa yang akan menjadi kandidat wakil ketua DPRD Kabupaten Bekasi. Dari tujuh anggota dewan yang ada, Novi Yasin berhasil terpilih menjadi pimpinan dewan dari DPD Golkar.

”Surat dari DPP partai Golkar untuk pimpinan dewan periode 2019-2024 sudah keluar, dan menunjuk ke satu nama, yaitu Novi Yasin,” ujar Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi, Son Haji, belum lama ini.

Ia menjelaskan, kemarin, Senin (9/9) surat keputusan dari DPP sudah diambil oleh DPD Golkar Jabar, dan rencananya DPD Golkar Kabupaten Bekasi akan mengambil surat tersebut lalu disampaikan ke pimpinan dewan sementara.

Kata dia, sebelumnya ada tiga nama yang diusulkan ke DPP, seperti Novi Yasin, Kardin, dan Asep Surya Atmaja. ”Kami tidak tahu seleksinya seperti apa, yang jelas kami usulkan tiga nama, dan yang dipilih oleh DPP Golkar adalah Novi Yasin,” tuturnya.

Mengenai pembentukan fraksi, lanjut Son, baru dibicarakan dengan Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Golkar. ”Untuk pembentukan fraksi dan komisi itu harus diputuskan oleh ketua, kira-kira siapa. Keputusan itu juga harus dirapatkan dulu,” ucapnya.

Sementara itu, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi menyampaikan, bahwa surat keputusan dari DPP PDI Perjuangan yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal, Hasto Kristiyanto, pada Rabu (4/9) lalu, memutuskan Soleman menjadi wakil ketua DPRD.

Soleman yang juga sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi ini bisa terpilih menjadi pimpinan dewan definitif, karena dianggap lulus seleksi di DPP PDI Perjuangan.
”Beliau (Soleman) terpilih setelah mengikuti tes psikologi, fit and proper test dan tes tertulis. Selain itu beliau juga dianggap sesuai aturan yang ada, pimpinan dewan harus yang sudah terpilih selama dua periode,” terang Usup.

Sayangnya, kata dia, untuk ketua fraksi sampai saat ini belum diputuskan. Artinya, semua dewan terpilih dari DPC PDI Perjuangan masih mempunyai kesempatan. Yang jelas akan dilakukan seleksi sebelum menentukan siapa pun yang akan terpilih.

”Ketua fraksi ini kepanjangan tangan partai, dan pasti orang yang sejalan dengan partai. Dalam waktu dekat ini akan kami tentukan. Penentuan juga menggunakan mekanisme rapat pleno. Ya, paling lambat hari Minggu ini lah,” beber Usup.

Sebelumnya, DPD PKS Kabupaten Bekasi juga sudah menetapkan satu nama yang akan menjadi wakil ketua DPRD Kabupaten Bekasi, yakni Muhammad Nuh. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Nuh yang juga sebagai ketua DPD PKS Kabupaten Bekasi.

”Ia saya sudah resmi jadi wakil ketua DPRD, tapi SK nya nanti menyusul, belum diserahkan. Tapi sudah diputuskan saya yang terpilih,” tukas Nuh.

Untuk ketua fraksi PKS, kata Nuh, juga sudah ditetapkan partai, yakni Imam Hambali.
Sekadar diketahui, untuk ketua DPRD Kabupaten Bekasi sementara adalah Aria Dwi Nugraha sebagai partai yang memiliki kursi terbanyak, yaitu 11 kursi. (pra)

Tags
Close