CikarangHukumLalulintasTransportasi

Pelanggar Operasi Patuh Jaya Meningkat

DITINDAK: Sejumlah personil Satlantas Polres Metro Bekasi tengah menindak pelanggar lalu lintas. IST/RADAR BEKASI

Jumlah pengendara yang melanggar lalu lintas dan terjaring Operasi Patuh Jaya 2019 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data Satuan Lalulintas Polres Metro Bekasi, jumlah pelanggar pada tahun 2018 sebanyak 2.918. Sementara, tahun ini ada sebanyak 6.377.

 

Wakasatlantas Polres Metro Bekasi, Kompol Sri Supadmi, menjelaskan, terdapat delapan poin yang menjadi sasaran untuk melakukan penindakan. Namun dipersempit menjadi tiga, poin utama pelanggaran yakni melawan arus, pengendara di bawah umur, dan penggunaan sirine.

 

Dari hasil operasi selama 14 hari, kata dia, pelanggaran melawan arus mendominasi mencapai sebanyak 1.547. Hal tersebut dilakukan berbagai kalangan mulai dari pekerja hingga orang tua yang hendak mengantar anaknya ke sekolah.

 

Terdapat beberapa titik pengendara melawan arus. Di antaranya di Lemah Abang, Kalijaya, dan di sekitar Pasar Lama Cikarang.

 

”Alasan pengendara melawan arus karena u–turn ( Putaran Balik Arah) jauh, sedangkan tempat tinggal, dan lokasi tempat kerja dekat, sehingga memilih melawan arus,” ujarnya. Rabu (11/9).

 

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan antisipasi hal tersebut dengan menempatkan personil di titik-titik yang biasa dilintasi pengendara yang melawah arus.

 

Selain itu, juga akan melakukan koordinasi dengan perusahaan agar mengimbau para pegawainya untuk berkendara dengan aman, mentaati peraturan lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

 

Dirinya menambahkan, pihak kepolisian juga akan berkoordinasi dengan pihak terakit untuk menutup u-turn ilegal.

 

”Kalau u–turn resmi dari perbatasan Bekasi Kota dan perbatasan Karawang sekitaran enam sampai tujuh, tapi u–turn tidak resmi sekisaran 99. Kita akan lakukan penutupan,” bebernya.(pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + eight =

Close
Close