Pendidikan

Terapkan Program One Day One Juz

SMK-Yapin
USAI SALAT: Siswa SMK Yapin keluar dari mushala sekolah usai menjalankan salat dzuhur. Sekolah ini menerapkan program one day one juz bagi siswanya.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMK Yapin Kabupaten Bekasi menerapkan program one day one juz bagi siswanya. Program ini sebagai salah satu untuk peningkatan hafalan Alquran.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Yapin Ashari Maulana mengatakan, program one day one juz sudah berjalan sekitar 12 bulan. Kegiatan tadarus ini diikuti oleh 405 siswa kelas 10-2.

”Program ini sudah berjalan selama 1 tahun, pihak sekolah dan siswa merasakan program tersebut perlu dilakukan karena kita tekankan kepada siswa bahwa dekat dengan Alquran adalah salah satu kunci ketenangan hati dan kesuksesan,” ujar Ashari kepada Radar Bekasi, Rabu (11/9).

Program yang dilakukan setiap Senin sampai Sabtu ini berlangsung selama 30 menit sebelum kegiatan belajar mengajar. Dalam pelaksanaannya, siswa secara bersama membaca Alquran dengan dipandu oleh salah satu siswa penghafal Alquran.

Berlangsung di dalam ruangan kelas, kegiatan ini juga didampingi oleh salah satu guru Agama. ”Kita kumpulkan siswa dalam satu ruangan kemudian kita adakan hafalan serta bacaan surat-surat pendek, didampingi dengan guru agama yang kami miliki,” ucapnya.

Selama program tersebut dijalankan, kata dia, perubahan signifikan cukup terlihat. Hal itu dibuktikan dari meningkatnya jumlah bacaan maupun hafalan surat.

”Tahun lalu 30 menit kita hanya bisa membaca dua surat saja dan Alhamdulillah tahun ini dalam waktu 30 menit kita bisa membaca 5-10 surat panjang,” terangnya.

Sekolah yang berlokasi di wilayah Tambun Selatan ini tak mewajibkan muridnya membawa Alquran dari rumah. Melainkan cukup hanya membawa Juzama atau download Alquran digital melalui gawai.

”Kalau bawa Alquran takutnya siswa lupa ketika pulang, lalu masuk kamar mandi itu kan tidak boleh. Maka dari itu kita permudah siswa untuk men-download beberapa bacaan Alquran di gawainya masing-masing,” tukasnya.

Seorang siswa kelas 12 SMK Yapin, Adelia Karina mengaku, program tersebut membuatnya lebih dekat dengan Alquran. Dengan membaca Alquran setiap hari, dia bisa lebih memiliki kemampuan menghafal ayat suci umat islam tersebut. (cr46)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + two =

Close
Close