BekasiBerita UtamaMetropolis

Warga Dukung Pengembangan Hidroponik

Hidroponik
FOTO BERSAMA: Sejumlah warga RW 11 Kelurahan Jakamulya berfoto bersama. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Warga RW 11, Kelurahan Jakamulya, yang tergabung dalam Komunitas Petani Hidroponik Kota Bekasi Taman Cikunir Indah (Kopi-Kobi TCI) mendukung pengembangan hidroponik.

Mereka ingin berperan aktif untuk mendukung program Pemerintah Kota Bekasi untuk menuju kemandirian kebutuhan pangan sehat.

Ketua RW 11 sekaligus Pembina Kopi-Kobi TCI, Yoyo Cahyono Upoyo, mengatakan, pertanian dengan sistem hidroponik sangat cocok diterapkan di wilayah perkotaan seperti Kota Bekasi. Karena sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan sehat bagi keluarga.

”Pertanian dengan sistem hidroponik tidak menggunakan pestisida yang selalu digunakan oleh petani konvensional,” katanya, Rabu (11/9).

Sehingga, kata dia, hasil sayuran dengan sistem hidroponik sehat dan memiliki cita rasa yang lezat. ”Ternyata bertani dengan menggunakan sistem hidroponik masih dapat dilakukan dan juga tetap dapat menghasilkan sayuran sehat,” ucapnya.

Selain itu, menurut Yoyo, sistem bertani hidroponik dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga serta menciptakan lingkungan yang hijau.

Namun, dibutuhkan kemauan masyarakat untuk bertani dengan sistem sistem tersebut. ”Serta perjuangan tim Kopi-Kobi TCI didalam memberikan pemahaman serta penyuluhan kepada masyarakat dengan menggandeng tim Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di tingkat kecamatan yang di bawah Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi,” ujarnya. (pay)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × three =

Lihat Juga

Close
Close
Close