BolaOlahraga

Askab Siapkan Skuat Putri U-16

Askab
PERSIAPKAN TIM PUTRI: Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bekasi menjalankan pembentukan tim sepakbola putri U- 16. Salah satu tahapan, yakni dengan menghelat festival sepakbola wanita 1 September 2019. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bekasi mulai menggagas pembentukan tim sepakbola putri U-16, untuk menghadapi agenda tahunan, Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tahun 2020.

Sekretaris Umum Askab PSSI Bekasi, Suryadi mengatakan, proses pencarian bibit pemain mulai dijalankan. Seleksi juga bakal dilakukan lewat guliran kompetisi sepakbola putri U-16.

”Saat ini, kita sedang mengejar target tim putri U-16 untuk Piala Menpora 2020. Beberapa pemain dari eks Persikasi sudah ada. Artinya kerangka tim sudah kita miliki, tinggal menggulirkan kompetisi, untuk melihat potensi pemain lainnya,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (19/9).

Lanjut Yadi, sapaan akrabnya, hasil dari pembahasan internal Askab, bahwa perolehan prestasi tim bola putri lebih mudah dibandingkan tim putra yang harus menempuh tahapan panjang seperti liga 3, 2 dan liga 1.

”Sejauh ini, progres perkembangan bola putri sangat jelas. Dimana, selain piala menpora 2020, juga peluang untuk maju pada divisi utama sangat terbuka. Karena, untuk putran liga putri langsung menginjak pada divisi satu. Artinya, langsung pada pembagian grup tanpa ada putaran awal terlebih dahulu,” jelasnya.

Untuk Piala Menpora sendiri dihelat pada Maret 2020. Meski begitu, Yadi optimis Askab bisa memanfaatkan waktu mempersiapkan skuat speakbola putri.

”Ya, untuk Piala Menpora akan kita kejar. Karena ini perdana kita mengirimkan tim bola putri. Terlebih, kita sudah memiliki kerangka tim, tinggal dilengkapi,” katanya.
Lebih lanjut, saat ditanyakan mengenai keikutsertaan tim putri pada Pekan Olahraga Daerah (Porda), lelaki yang akrab disapa Yadi itu mengaku, tim putri sudah bisa ikut di Porda.

”Untuk sepakbola putri pada Porda memang sudah memungkinkan. Karena hampir di setiap daerah, sudah memiliki klub bola putri. Dalam proses pembibitan dan pembinaan pemain bola putri memang sudah berjalan, hanya di kita saja yang memang belum ada,” bebernya.
Tak hanya sepakbola putri, pihaknya juga tengah mempersiapkan wasit putri yang tahun ini bakal mengikuti penataran.

”Kita juga sudah mulai membentuk untuk wasit putri. Tahun ini, baru akan dikirimkan (penataran),” tukasnya. (dan)

Tags
Close