CikarangTransportasi

Jabar Adopsi Pembayaran Uji KIR Keliling Pemkab Bekasi

PANTAU PELAYANAN: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (dua kanan) bersama Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja (kanan) dan jajarannya memantau pelayanan KIR pada peringatan Hari
Perhubungan Nasional di Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis (19/9).ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengadopsi inovasi pembayaran uji kendaraan bermotor atau uji KIR keliling yang telah dilaksanakan Pemkab Bekasi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menerapkan standar pembayaran uji KIR secara keliling di seluruh kota kabupaten se-Jawa Barat. Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Kang Emil saat menghadiri peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 di lapangan Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis (19/9).

”Program ini merupakan terobosan yang telah diterapkan Kabupaten Bekasi sehingga menjadi suatu inovasi bagi daerah lain untuk menerapkan pembayaran uji KIR secara keliling. Ini sekaligus jadi alasan saya mengapa saya ada di Bekasi hari ini,” katanya.

Emil mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya momentum Hari Perhubungan Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat selalu terselenggara di ibu kota Jawa Barat atau di Gedung Sate, Kota Bandung.

”Tahun ini kita khusus dibawa ke Kabupaten Bekasi karena saya ingin tidak selalu terpusat ya. Kabupaten Bekasi terpilih karena salah satu kabupaten paling kolaboratif dalam sisi perhubungan dan menciptakan inovasi dengan model pembayaran KIR keliling dan akan kita jadikan standar di seluruh Jawa Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, menuturkan inovasi pembayaran uji KIR keliling selain untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses pelayanan publik. Hal ini juga dilakukan karena dinilai akan mempermudah melihat kondisi kendaraan yang laik dan tidak laik.

”Uji KIR keliling ini merupakan inovasi dinas perhubungan dan ini patut diapresiasi. Sebab hal ini juga akan diikuti kota kabupaten di Jawa Barat,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Peringatan Hari Perhubungan Nasional yang diselenggarakan di Plaza Pemkab Bekasi turut dihadiri para kepala Dinas Perhubungan kota/kabupaten se-Jawa Barat dan jajaran dinas perhubungan.

Dan pada kesempatan itu, anggota dinas perhubungan juga mempertunjukan atraksi. Diantaranya, ilmu beladiri, tata cara menderek kendaraan, pengaturan rekayasa lalu lintas, dan drum band.(and/adv)

Close