Pendidikan

Tegakkan Disiplin dengan Sistem Poin

Sistem
ASYIK BERBINCANG: Siswa SMK Widya Nusantara asyik berbincang di luar kelas saat waktu istirahat. Sekolah ini menerapkan sistem pemberian poin sebagai sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan sekolah.Elvan Julian/Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMK Widya Nusantara menerapkan sistem pemberian poin sebagai sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan sekolah. Cara itu sebagai upaya sekolah untuk menegakkan disiplin siswa.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Widya Nusantara Alamsyah mengatakan, poin akan diberikan bagi siswa yang tak mentaati peraturan sekolah. Diantaranya, terlambat, tak rapih memakai seragam, hingga sering absen.

Jumlah poin diberikan berbeda-beda, tergantung pada pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Namun sekolah yang berlokasi di Rawa Lumbu ini membatasi pemberian jumlah poin.
”Batas maksimal 150 poin. Jika sudah mencapai 150 poin, maka siswa diwajibkan mencari sekolah baru karena 150 poin sama dengan SP3,” ujar Alamsyah, Kamis (19/9).

Batas 150 poin itu berlaku selama siswa menempuh pendidikan tiga tahun di SMK Widya Nusantara. Sistem pemberian poin baru diberlakukan oleh sekolah yang memiliki 700 siswa ini sekitar satu tahun terakhir.

Dengan demikian, belum ada siswa yang mendapatkan poin dari jumlah batas maksimal. ”Sistem pemberian poin ini cukup efektif untuk menegakkan disiplin siswa,” pungkasnya. (mg1)

Tags
Close