MetropolisPeristiwa

Tiga Pekan Renovasi Pasar Baru

TAK TERSELAMATKAN: Pedagang mencari sisa barang berharga pasca terbakarnya kios di lantai dasar Pasar Baru Bekasi, Bekasi Timur. Sebanyak 64 kios ludes dilalap si jago merah yang diduga akibat korsleting listrik. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RadarBekasi.id – Sepekan sudah peristiwa kebakaran merusak puluhan kios Pasar Baru Bekasi. Kini upaya perbaikan tengah dilakukan supaya aktivitas pedagang kembali normal.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi bersama pengelola Pasar Baru Bekasi tengah fokus pada perbaikan setelah peristiwa kebakaran terjadi pada Jumat (13/9).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi Kariman menjelaskan bahwa proses renovasi atau perbaikan pasar sudah dilakukan sejak hari pertama setelah kebakaran.

”Proses renovasinya kira-kira butuh waktu tiga mingguan lah,” ucapnya.

Soal total kerugian, hingga detik ini masih dalam tahap estimasi dan belum bisa dirinci angka pastinya. Begitu pula dengan ganti rugi pada pedagang, hal tersebut menjadi urusan pengelola. Adapun pedagang tidak jadi direlokasi, melainkan menempati kios kosong milik pengelola yang tidak terpakai.

”Tidak ada biaya sewa selama menempati kios tersebut dan pedagang diharap bersabar menunggu waktu renovasi selesai,” paparnya.

Terkait anggaran, dirinya mengungkapkan hal itu sepenuhnya ditanggung oleh pihak pengelola. Jumlahnya diperkirakan tidak sampai mencapai Rp1 miliar.

”Pengelola yang menghitung anggarannya. Kemarin saya telepon ke Pak Engkus Dirut PT Bangun Prima Lestari Kencana sekitar Rp500 juta untuk biaya perbaikan,” ujarnya. (dyt/pjk)

Close