Olahraga

Lokasi Peparda Satu Wilayah

NPCI
KEJURDA: Atlet NPCI Kabupaten Bekasi ketika ikut serta mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda). DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Agenda Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) ke-VI Jawa Barat 2022 diprediksi bakal dihelat di satu wilayah, beda halnya dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang akan dihelat di Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Subang.

Sekretaris Umum National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kabupaten Bekasi, Norman membenarkan kabar tersebut. Dengan adanya gambaran lokasi Peparda dinilai memudahkan memetakan kekuatan lawan.

”Sudah fixed di satu wilayah. Sebelumnya kan tiga, yakni Tasikmalaya, Subang dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), tapi sudah dibahas. Dipastikan Peparda akan di satu wilayah. Jelas ini baik buat kita,” ujar Norman ketika dijumpai Radar Bekasi, di sekitaran komplek Stadion Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur belum lama ini.

Dijelaskannya, jika Peparda dihelat di tiga wilayah menjadi beban NPCI Kabupaten Bekasi meningkatkan prestasi. Mengingat persaingan dengan tuan rumah lebih sulit.
”Bila satu tempat, otomatis lawan yang akan diperhitungkan adalah tuan rumah. Dan tentunya yang masih diperhitungkan adalah Kota Bandung yang selalu unggul dengan alet tuna rungunya,” beber Norman.

Sehingga kata dia, saat ini mereka mulai mengantisipasi Kota Bandung dan satu daerah tuan rumah Peparda yang belum diputuskan.

”Iya, kita sudah hitung semua peluangnya. Sejauh ini, kita dalam posisi unggul. Karena ada beberapa atlet yang sebelumnya tidak meraih emas dan kini sudah menjadi alet yang diperhitungkan di Jawa Barat,” katanya.

Lebih jauh terang Norman, hasil kejuaraan daerah yang sudah dua kali dijalankan di bulan September ini menjadi barometer awal. Pada Kejurda pertama 14-16 September 2019, empat cabor yang diturunkan yakni tenis meja, atletik, renang dan catur disebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada Kejurda kedua di GOR Pajajaran Kota Bandung, 20-22 September 2019 atlet yang diterjunkan berhasil menunjukan kualitasnya.

”Kejuaraan daerah kemarin tiga cabor, judo, angkat berat dan voli duduk. Ada penurunan untuk voli duduk, lantaran atlet utama memang tidak diturunkan. Tapi lainnya semua, mengalami kenaikan dan berada di posisi jura satu dan dua,” jelasnya.
Melihat hasil kejurda, pihaknya mengklaim membuka peluang NPCI Kabupaten Bekasi juara umum di Peparda.”Kita tinggal mempertahankan raihan. Selanjutnya evaluasi menyeluruh,” tukasnya. (dan)

Tags
Close