CikarangEventPemkab

Penyelenggara PRKB Tak Hiraukan Pemkab

DIPUNGUT BIAYA: Penyelenggara memungut biaya masuk bagi warga yang hendak masuk ke area Pekan Raya Kabupaten Bekasi (PKRB) 2019 sebesar Rp5 ribu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RadarBekasi.id – Penyelenggara Pekan Raya Kabupaten Bekasi (PRKB) 2019 tidak menghiraukan imbauan Pemkab Bekasi untuk tidak memungut biaya masuk bagi warga yang hendak masuk ke kegiatan tersebut.

Asisten Daerah (Asda) II Sekretariat Daerah Pemkab Bekasi, Entah Ismanto, menuturkan dirinya bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju, sudah menyampaikan agar penyelenggara tidak memungut biaya masuk ke area PRKB 2019 di wilayah Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

”Pak Sekda (Uju) sudah menyampaikan masuk PRKB jangan sampai dipungut biaya, nah saat ini tetap bayar merupakan kebijakan pelaksana kegiatan,” katanya, Kamis (26/9).

Pihaknya kan mengagendakan waktu untuk memanggil penyelenggara PRKB 2019. ”Ya ini sebenarnya kan kegiatan pemerintah daerah, dimana ada pelayanan publik serta publish dan mensosialisasikan program seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Jadi kurang baik juga kalau warga dipungut biaya,” jelasnya.

Terpisah, Perwakilan Event Organizer (EO) PRKB 2019, Teguh, mengakui apabila saat rapat koordinasi sudah ada imbauan dari Pemkab Bekasi dan pihaknya tidak melaksanakannya.

Teguh menuturkan, pungutan biaya bagi masyarakat yang ingin masuk dilakukan karena pemasukan anggaran dari tiket masuk digunakan untuk keperluan biaya operasional berlangsung PRKB selama 10 hari. Selain itu, pihaknya juga harus memberikan honor kepada petugas kebersihan dan keamanan demi berjalannya kegiatan. 

Menurut dia, anggaran dari APBD sebesar Rp340 juta yang dialokasikan Pemkab Bekasi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

”Anggaran yang ada itu tidak cukup, untuk biaya sewa panggung, tenda, serta perlengkapan lainnya selama ini kami sudah keluar biaya Rp1 miliar. Oleh sebab itu untuk menutupinya dari biaya sewa tenda, dan biaya tiket masuk,” paparnya.(and)

Close