Berita UtamaPolitik

Senin, Pimpinan DPRD Definif Bakal Dilantik

Dewan
PELANTIKAN DPRD: Sejumlah Anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 dilantik di Gedung DPRD Kota Bekasi, beberapa waktu lalu, dan akan menyusul pelantikan pimpinan definitif. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Pasca diterimanya Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Jawa Barat oleh Wali Kota Bekasi, Kamis (26/9), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi dalam waktu dekat bakal memiliki pimpinan definitif.

Ketua Fraksi Golkar, Dariyanto menyampaikan, bahwa jadwal paripurna pelantikan empat pimpinan DPRD Kota Bekasi sudah ditetapkan, yakni pada Senin, 30 September 2019 pekan depan.

”Berdasarkan hasil rapat pimpinan, seluruh fraksi sudah sepakat jadwal pelantikan dilaksanakan Senin, pekan depan,” kata Dariyanto, saat ditemui wartawan di halaman Kantor DPRD Kota Bekasi, Bekasi Timur, Kamis (26/9).

Dijelaskan Dariyanto, tugas lain setelah pelantikan pimpinan dewan, yakni pembahasan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan komisi. Ia berharap, pembentukan AKD dan komisi bisa selesai dalam satu minggu.

”Untuk pembentukan AKD dan komisi, kami targetkan bisa selesai dalam satu minggu, agar anggota DPRD bisa langsung bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya,” harapnya.

Adapun pimpinan dewan sementara dari PKS, Saifuldaullah mengakui, bahwa penetapan ketua DPRD definitif sudah dibahas dalam rapat pimpinan (rapim) yang melibatkan semua ketua fraksi DPRD Kota Bekasi.

”Rapim juga dilakukan secara mendadak menyusul diterimanya SK dari Gubernur Jawa Barat melalui Wali Kota Bekasi,” tuturnya.

“Jadi persoalannya, surat baru diterima dari Gubernur Jawa Barat, dan langsung diserahkan ke Wali Kota, Rabu (25/9). Setelah itu baru disampaikan pada ketua sementara dan sudah masuk Kamis siang,” bebernya.

Menurut pria yang akrab disapa Saiful ini, jika pembahasan dilakukan lebih cepat akan lebih baik. Disusul, persiapan pelaksanaan yang disepakati semua fraksi.
”Makanya langsung kami proses agar tidak ditunda-tunda lagi. Termasuk proses rapim dengan fraksi untuk penjadwalan,” ucap Saiful.

Lanjutnya, sesuai rencana, peroses pelantikan akan dilaksanakan pada Jumat (27/9). Sebab, dengan selesainya proses pelatikan DPRD beserta pimpinan, maka kinerja dewan periode 2019- 2024 bisa berjalan dengan cepat.

”Kalau saya tetap dorong hari Jumat. Namun, catatannya tetap dari temen-temen fraksi. Saya juga sudah sampaikan bahwa persiapan cukup satu hari. Karena, info surat baru masuk kemarin, hanya saja belum diambil karena jaraknya jauh,” tukas Saiful.

Dalam tahapan persiapan, kata dia, proses konfirmasi kesediaan pemberian sumpah oleh pihak Pengadilan Negeri (PN) akan dilakukan. Sebab, unsur pengadilan daerah juga harus dilibatkan.

”Kalau besok (hari ini, Red) tidak jadi, berarti akan dilaksanakan Senin. Kami tetap butuh persiapan, dan sudah dibahas dengan sekwan, kalau tidak Jumat berarti Senin,” tandasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button