Berita UtamaPendidikan

Ajarkan Berorganisasi lewat Pendidikan Kepramukaan

Pramuka
PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN: Sejumlah siswa baru SMPN 34 Kota Bekasi mengikuti pendidikan kepramukaan di lingkungan sekolah mereka.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMPN 34 Kota Bekasi menghelat pendidikan kepramukaan bagi siswa baru. Kegiatan bertajuk ”Satya, Ku Darmakan, Darmaku, Ku Baktikan” ini berlangsung di lingkungan sekolah selama dua hari satu malam.

Wakil Ketua Pelaksana Pendidikan Kepramukaan SMPN 34 Kota Bekasi Bambang Sulistyo mengatakan, pendidikan kepramukaan diisi dengan berbagai lomba. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan wawasan serta pemahaman siswa tentang berorganisasi.

”Beberapa kegiatan perlombaan kita laksanakan antar kelompok saja, kemudian dalam kegiatan ini kami berikan materi berupa wawasan nusantara seperti pengenalan lingkungan, bagaimana berorganisasi yang baik serta melatih kedisiplinan,” ujar Bambang kepada Radar Bekasi, akhir pekan lalu.

Pendidikan kepramukaan dengan sistem blok merupakan program rutin tahunan SMPN 34 Kota Bekasi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa baru.

”Seluruh peserta adalah siswa baru yaitu siswa kelas 7 dengan jumlah keseluruhan 360 siswa tetapi yang hadir saat ini hanya ada 340 siswa karena berhalangan hadir dan sakit,” tuturnya.

Kegiatan ini diawali dengan pembekalan materi dasar kepemimpinan kemudian dilanjutkan dengan perlombaan antar regu seperti game yel-yel. Selanjutnya dilakukan kegiatan api unggun malam dan senam pagi.

”Beberapa materi dan kegiatan dibimbing oleh senior kepramukaan tingkat kwaran serta alumni pramuka SMPN 34 Kota Bekasi,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, Bambang berharap siswa bisa memiliki jiwa sosial dan mencari jati diri yang baik kemudian menjadi kemudian menjadikan dirinya manusia yang berguna bagi diri sendiri dan masyarakat luas.

”Siswa disini kan mendapatkan pelatihan mandiri kemudian belajar bagaimana cara memimpin yang baik dan tentunya mengerti cara berorganisasi, sehingga kami harapkan semua itu bisa dijalankan dengan baik oleh siswa,” pungkasnya. (cr46)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close