KesehatanLife Style

Buah Kesemek Bisa Membantu Memerangi Kanker

Radarbekasi.id – Banyak manfaat dari mengonsumsi buah kesemek untuk kesehatan tubuh. Buah yang masuk ke dalam marga Diospyros ini berwarna hijau saat muda, dan berubah menjadi oranye ketika sudah matang.

Kandungan tanin pada buah kesemek membuat buah ini memiliki rasa sepat saat masih muda. Namun, seiring dengan masaknya buah, kadar zat tanin akan berkurang sehingga rasa sepat tersebut ikut menghilang dan menjadi manis.

Diperkaya dengan vitamin dan sejumlah zat, kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir laman Stylecraze, berikut manfaat buah kesemek bagi tubuh:
1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kesemek merupakan teman yang baik bagi mereka yang ingin mengemil sambil mencoba menurunkan berat badan ekstra.

2. Kaya Fitokimia
Buah ini kaya akan berbagai phytochemical – katekin dan antioksidan polifenolik. Katechin adalah agen antiinflamasi dan anti infeksi yang kuat, sehingga bisa membantu menangkal reaksi dan infeksi inflamasi yang tidak diinginkan.

3. Anti-Hemoroid Alami
Kesemek Jepang dikenal memiliki sifat anti-hemoragik. Tidak heran, kesemek Jepang telah digunakan dalam menyembuhkan luka sejak dahulu kala.

4. Baik untuk Penderita Diabetes
Mereka yang menderita diabetes cenderung mengidam rasa lapar, dan itu terlalu sering. Kaya serat, buah ini bisa dinikmati oleh penderita diabetes untuk mengekang tingkat kelaparan. Buah ini juga dikenal mampu mengatur tingkat gula dalam darah.

5. Baik untuk Hipertensi
Sodium, ketika dimasukkan secara berlebihan dalam diet, bisa memicu hipertensi. Kesemek diketahui memiliki kadar natrium yang rendah.

Oleh karena itu, natrium bisa digunakan sebagai bagian dari diet rendah sodium seimbang yang dirancang untuk mereka yang memiliki hipertensi.

6. Memperkuat Kekebalan
Sebagai sumber Vitamin C yang baik, buah ini, ketika digunakan secara teratur dalam diet seimbang Anda, bisa bantu memperkuat tingkat kekebalan tubuh, sehingga bertindak sebagai pelindung terhadap flu biasa, flu, serta berbagai infeksi paru-paru, termasuk asma.

7. Membantu Memerangi Kanker
Menjadi sumber antioksidan yang kaya, buah ini membantu dalam membatasi radikal bebas, yang bisa merusak sel dan memicu kanker. Kehadiran vitamin A, serta shibuol dan asam betulinic, memperkaya sifat melawan kanker dari buah ini.

8. Membantu Dalam Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
Tembaga, yang hadir dalam buah ini, membantu dalam penyerapan zat besi yang tepat.Ini, pada gilirannya, membantu dalam produksi sel darah merah.

9. Menjaga Kesehatan Hati
Kesemek yang kaya akan antioksidan, menggerogoti radikal bebas berbahaya yang berasal dari oksigen dalam tubuh kita, dan juga mengurangi efek bahan beracun serta mencegah kerusakan sel, yang kemudian, menghasilkan tubuh yang didetoksifikasi dan hati yang sehat. (fny/jpnn)

Close